Jazz & HRV Raih Penghargaan Bintang 5 NCAP

honda hr-v crash test
AutonetMagz.com – Dua dari sejumlah model jualan Honda di Eropa, yakni Honda HR-V dan Honda Jazz baru saja menyelesaikan tes pembuktian rating keselamatan di Eropa yang kita kenal sebagai Euro NCAP. Hasilnya memuaskan, mereka bisa mengikuti saudaranya, yakni Honda CR-V dan Civic yang sudah dites duluan, karena baik Jazz dan HR-V sama-sama memperoleh 5 bintang layaknya Civic dan CR-V.
Saat dites tabrak bagian depan, ada dua sesi yang dijalani, yakni sesi frontal offset crash test dengan kecepatan tabrak 64 km/jam dan hanya 40 persen bagian depan mobil yang ditabrakkan, dan sesi kedua adalah full width test di mana semua bagian depan mobil ditabrakkan ke tembok dalam kecepatan 50 km/jam. Sesi tabrak lainnya termasuk side impact, pole test, pedestrian safety dan lain-lain.
honda hr-v side pole crash test


Hasil perlindungan HR-V bagus, karena perlindungan penumpang dewasa mencapai 86%, penumpang anak-anak di 79%, pejalan kaki 72% dan fitur safety 71%. Sementara Honda Jazz justru lebih bagus, karena perlindungan penumpang dewasanya mampu hingga 93%, penumpang anak-anak di 85%, sementara untuk pejalan kaki dan fitur safety sama seperti HR-V,yakni 73% dan 71%.
Perlu diingat, Euro NCAP tidak akan memberikan 5 bintang jika mobil yang dites tidak punya fitur autonomous braking. Di sinilah Honda menyadarinya, karena baik Jazz atau HR-V punya City-Brake Active system (CTBA), yakni sejenis rem otomatis yang mirip dengan Active City Stop-nya Ford atau SCBS-nya Mazda. Sistem CTBA Honda mengandalkan sistem laser yang bisa membaca jalanan.
honda jazz frontal crash test
Di varian menengah ke atas Jazz dan HR-V versi Eropa, sudah terpasang seabrek fitur keselamatan seperti Forward Collision Warning, Traffic Sign Recognition System, Intelligent Speed Limiter, Lane Departure Warning dan High-beam Support System. Sekedar info, Honda Jazz adalah hatchback kedua yang mendapat bintang lima pada pengetesan Euro NCAP tahun 2015.
honda jazz side pole crash test
Ingat, itu untuk Honda Jazz dan HR-V versi Eropa ya, di sana sudah lengkap fitur keselamatan dan pencegahan kecelakaannya. Jelas sih, dibandingkan versi Eropa, versi Indonesia benar-benar terkesan ala kadarnya dari segi fitur keselamatan, apalagi yang varian terendah.
Share on Google Plus

About Honda Nasional