Honda Mobilio Vs Kompetitor




Sebagai MPV kompak, kenyamanan berkendara tetap harus dipertimbangkan. Dari penilaian saat mengintip prototipe Mobilio di atas panggung IIMS, bentuk jok yang menyatu dengan headrest mestinya mengurangi kenyamanan berkendara.

Berkaca pada model Honda sebelumnya, umumnya banting­an suspensi mereka masuk dalam kategori keras. Mestinya rasa yang diberikan oleh Mobilio tak akan jauh berbeda.

Posisi duduk Avanza Veloz terasa tinggi. Memberikan kemudahan visibilitas dan nyaman di tengah, tapi menyulitkan bagi pengemudi yang kurang tinggi. Bantingannya pun terbilang keras. Tak dapat dipungkiri, penerapan gerak roda belakang membatasi setting suspensi Avanza Veloz.


Proton Exora Star Executive 1.6 A/T Suzuki Ertiga GX DB M/T Toyota Avanza Veloz 1.5 M/T
Exora Star yang datang dari Negeri Jiran juga kami nilai masih harus diperbaiki posisi mengemudinya. Meski demikian, joknya yang empuk dan terlapis bahan kulit sintetis membayar kenyamanan berkendara. Pada sisi dalam jok terdapat sandaran lengan agar tidak terlalu pegal ketika mengemudi.

Kenyamanan dalam berkendara Ertiga masih di atas kedua rivalnya tersebut. Posisi duduk cukup baik di seluruh baris bangku. Bantingan suspensinya sanggup meredam getaran dengan baik.

Kembali, Spin harus banyak belajar dari rivalnya. Busa jok yang terlalu keras kembali menurunkan nilainya dalam poin ini. Ditambah legroom pas-pasan, sulit untuk duduk nyaman. Pun dengan bantingan suspensi yang lebih keras dari Avanza Veloz.

Berbeda dengan Grand Livina yang sudah cukup berpengalaman di kelas MPV kompak, kenyamanan saat berkendara tampak lebih matang dipersiapkan. Posisi duduk pengemudi pas, termasuk untuk bangku baris kedua. Memang ia bermasalah dengan bangku baris ketiga sempit. Tapi itu juga mendera rivalnya.
Honda Mobilio E M/T Nissan Grand Livina 1.5 SV M/T Chevrolet Spin 1.3 LT M/T
Bicara bantingan suspensi, ia yang terbaik di sini. Terasa lembut saat melalui jalan rusak atau gelombang. Sulit untuk menandinginya. Dan hebatnya, pengendalian Grand Livina pun masuk dalam taraf istimewa. Tentu untuk mobil di kelasnya.

Hal serupa juga dirasakan pada Ertiga. Walau tubuh lebih tinggi membuatnya sedikit tertinggal. Sedangkan Exora, Avanza Veloz, dan Spin masuk dalam level biasa saja bicara pengendalian.


Rating
Honda Mobilio E M/T  * * *
Chevrolet Spin 1.3 LT M/T  * *
Nissan Grand Livina 1.5 SV M/T  * * * * *
Proton Exora Star Executive 1.6 A/T  * * *
Suzuki Ertiga GX DB M/T  * * * *
Toyota Avanza Veloz 1.5 M/T  * * *
Share on Google Plus

About Honda Nasional