Manfaat Spooring Dan Balancing pada Mobil Honda Anda

 

Saat sedang menikmati perjalanan dengan mobil yang anda kemudikan, tiba-tiba sesekali anda merasakan putaran roda seolah berbelok ke kanan atau ke kiri dengan sendirinya. Seperti saat memutar setir ke satu arah terjadi kecenderungan putaran ke arah berlawanan dari kemudi. Sehingga terasa sangat menganggu dan mengurangi rasa nyaman, terlebih saat harus berkendara di jalan tol yang sudah pasti membutuhkan kendali lebih ekstra dengan jalan yang lurus.

Memang banyak hal yang menjadi indikasi dari gejala tersebut, bisa saja penyebabnya dari perangkat kaki-kaki yang tidak beres atau sudah tidak layak. Seperti terjadi keausan pada piranti tie rod, reck end atau long tie road dan lain-lain. Namun bila telah melakukan cek up terhadap kaki-kaki gejala tersebut masih terasa, tidak ada salahnya anda mencoba mengecek posisi keempat roda. Bisa jadi gejala tersebut akibat tidak presisinya posisi seluruh roda sehingga perlu dilakukan spooring dan balancing.

Mengingat kondisi jalan di tiap daerah berbeda-beda, apalagi kondisi di Jakarta banyak jalan berlubang. Hal tersebut juga menjadi salah satu penyebab dari cepat berubahnya posisi spek roda. Sedangkan pengertian spooring dan balancing itu sendiri  menurut mekanik Lestari ban, Eko Hari Budiarto, "Spooring merupakan usaha untuk menyamakan kedudukan roda sesuai dengan spesifikasi dari tipe mobil anda. Sedangkan balancing, mengecek putaran atau getaran yang ditimbulkan dari putaran roda" demikian ujarnya.

Beberapa manfaat yang dapat dirasakan setelah mobil kesayangan anda selesai dilakukan spooring dan balancing, diantaranya :

1. Apabila setelan spooring dan balancing bagus dan sesuai standar spek tipe mobil maka kenyamanan saat di perjalanan dapat terpenuhi. Hal ini disebabkan hilangnya keluhan-keluhan yang ditimbulkan akibat posisi roda yang tidak presisi.

2. Handling mobil pastinya menjadi lebih baik dan mendukung.

3. Putaran roda yang stabil dan baik dapat mendukung gerakan mobil menjadi lebih responsif, sehingga keluhan yang terjadi seperti saat setir diputar, tidak lagi terjadi kecenderungan arah yang berlawanan dengan putaran setir mobil.

4. Menghidari keluhan speleng (jarak sela pergerakan setir), karena hal ini bukan saja terjadi karena adanya perangkat setir yang aus. Tetapi bisa juga disebabkan oleh karena adanya posisi yang roda yang tidak pada titik nol (presisi), seperti roda yang menguncup atau mengembang.

5. Manfaat selanjutnya yaitu dapat menghemat usia pemakaian ban, karena keausan pada ban (biasa dikenal dengan istilah ban botak) menjadi rata dan seimbang.

Kemudian selain dari pada itu yang perlu mendapat perhatian juga yakni periode spooring dan balancing yang ideal untuk mobil anda, sekitar 5000 - 10000 km. Ini juga berpedoman pada kondisi yang berbeda-beda sehingga berdampak pada cepat berubahnya spek roda dari mobil anda. So, lakukanlah spooring dan balancing untuk menunjang kenyaman dan keselamyan anda berkendara.
Share on Google Plus

About Honda Nasional

0 komentar:

Post a Comment