Tips Cara Cegah Karat


Memasuki musin hujan seperti saat ini, turut menjadi perhatian pemilik kendaraan. Terlebih melihat infrastruktur di Indonesia yang masih dalam tahap pembangunan. Tidak sedikit daerah yang sedang melakukan perbaikan jalan, jika melewatinya saat hujan, lumpur yang ada di jalan pun berpindah ke kendaraan Anda. Berikut tips cara cegah karat di musim hujan.
“Salah satu contoh, ialah bagian spatbor yang terkena cipratan air kotor dari ban,” kata Widi Nugroho, Sales Manager, PT Anugerah Protecindo Ziebart Indonesia Principal.
Membersihkan lebih baik dari pada memperbaiki tentunya. Oleh sebab itu Anda pun harus mengetahui bagian-bagian bodi yang mudah dihinggapi kotoran dan membersihkannya agar menghindari karat. Bagaian apa saja yang harus diperhatikan?
Spatbor
“Dalam kondisi baru bagian ini menag telah dilapisi anti karat, namun jangan terlena. Dalam jangka waktu yang panjang, bukan tidak mungkin bagian kolong akan timbul karat,” tambah Widi.
Oleh sebab itu lakukan cuci bagian kolong mobil menggunakan water presure untuk menghilangkan kotoran dan jangan gunakan sikat untuk membersihkannya, karena dapat merusak pelindung karat. Lalu Anda pun harus pastikan bagian kolong tidak ada kotoran di bagian sela-sela.
Sela-Sela Bonet
“Area yang mudah dihinggapi kotoran, ialah area irigasi yang menjadi jalannya air ke tanah,” jelas Widi. Kotoran itu bisa ada, berkat penumpukan debu yang terkena air hingga menjadi lumpur.
Karena area tersebut dekat dengan mesin, sehingga memiliki suhu yag panas, kotoran itu dapat dengan cepat mengering, sehingga sulit dibersihkan. Dengan rajin membersihkan area tersebut, karat yang diakhiri dengan korosi pun dapat terselamatkan.
Sela-Sela Pintu
Kotoran yang biasa hinggap di bagian sela-sela pintu ialah sampah daun dan ranting dari pohon. Sampah tersebuh mempersumbat jalannya air jika turun hujan. Alhasil air pun mengendap di bagian tersebut dan terjadi oksidasi, hingga hadirnya karat di lokasi tersebut.
Untuk bagian ini, Anda pun bisa melakukan sendiri pembersihannya. Anda pun bisa membersihkan ketika melakukan pencucian dan mengeringkan bagian tersebut.
Share on Google Plus

About Honda Nasional