5 Cara Sederhana Berkendara dengan Irit

Kendaraan yang irit bahan bakar, banyak diincar para konsumen. Tapi meski itu irit bahan bakar jika penggunaannya yang tidak wajar akan tetap saja. Sedangkan cara berkendara dengan menghemat bahan bakar minyak sangat diinginkan para pengendara untuk sedikit meminimaliser pengeluaran. walaupun pada waktu itu harga BBM turun.
Ternyata cara pemakaian kendaraan juga sangat memperngaruhi bahan bakar yang dikonsumsi kendaraan anda, selepas memeriksa kesahatan dan keamanan kendaraan secara continew.
Ternyata masih sekian banyak yang belum mengerti bagaimana cara berkendara dengan baik dan benar. Sampai telah dikatakan bahwa cara berkendara seseorang dapat mempengaruhi bahan bakar minyak pada motor tersebut sampai 25 persen.
Berikut disajikan 5 tips berkendara dengan baik yang bisa meminimalisir pengeluaran anda.

1. JANGAN TERLALU KERAS MENGINJAK PEDAL GAS

Jika anda sering menginjak pedal gas dengan agresif atau kers itu dapat mempengaruhi bahan bakar minyak yang dikonsumsi oleh mesin mobil anda yaitu membuat mesin lebih boros mengonsumsi bahan bakar minyak.
Toyota telah memberikan solusi dan tips bagaimana cara mengendarai mobil dengan benar dan dapat mengirit pengeluaran yaitu dengan hanya membutuhkan sekitar 5 detik untuk sampai pada kecepatan 24 km/jam dari posisi star. Dengan demikan pasti akan menginjak pedal gas dengan lembut.
Sedangkan untuk transmisi yang manual, gunakanlah posisi throttle yang tetap. Dan ganti gigi nya pada putaran mesin 2. ooo sampai 25.00 RPM.

2 LAJU DENGAN KECEPATAN YANG STABIL.

Menaik dan turunkan drastis serta dikombinasikan dengan akselerasi yang keras bisa mengakibatkan kendaraan boros terhadap bahan bakar minyak hingga 20 persen. Oleh sebab itu jika anda menginginkan pemakaian yang irit maka hindarilah hal tersebut. fitur cruise control sekarang sudah terdapat pada sebagian mobil keluaran baru. Dan penggunaannya juga dianggap teknik cara mengemudi dengan efesien dan mudah.

3 JAGA KONSENTRASI

Selalu berkonsntrasilah pada pandangan jalan, serta antisipasi jika ada pergerakan mendadak atau ada pejalan kaki atau kendaraan lain yang melintas didepan anda. Serta selalu ambil jarak yang pas dengan mobil yang didepan anda, jangan terlalu dekat dikarnakan rawan kecelakaan dan jangan terlalu jauh karna itu dapat mengganggu kendaraan yang lain.

4. JANGAN SAMPAI MENGEREM DENGAN MENDADAK

Memang ada kondisi yang mengharuskan menginjak rem dadakan seperti ada kendaraan atau mobil yang melintas di depan dengan tiba-tiba, dan anda tidak punya pilihan lain selain menginjak rem. Tapi jika anda masih dalam kondisi mengemudi dengan normal hindarilah rem secara mendadak yaitu dengan menjaga jarak dengan mobil yang didepan sekitar 3-4 detik.

5. JANGAN MENGEBUT

Memang adakalanya kondisis terburu-buru menuntut anda untuk berjanan dengan kecepatan tinggi. Memang setiao mobil mempunyai kecepatan yang ideal seperti contohnya jika mobil mempunyai kecepatan ideal 60-80 km/jam untuk menghemat bahan bakar. Pada setiap peningkatan kecepatan akan menambah konsumsi kendaraan tersebut.
Share on Google Plus

About Honda Nasional