Harga Mobil Honda Akan Naik Mulai Januari 2016


honda-hr-v
Bintangotomotif.com – Seperti yang biasa terjadi setiap tahunnya kendaraan roda dua maupun roda empat akan selalu mengalami kenaikan harga. Hal ini juga terjadi pada harga mobil yang ada di beberapa ATPM di Indonesia termasuk PT Honda Prospect Motor (HPM). Pabrik otomotif yang berasal dari Jepang ini akan mengalami kenaikan sebesar Rp. 3 juta hingga Rp. 5 juta. Dilansir dari laman DetikOto  menurut  Maria Marliana selaku Sales Manager Honda Pondok Indah mengatakan kenaikan harga mobil Honda berlaku pada beberapa tipe dan mulai dilakukan kenaikan pada Januari 2016 ini. “Mulai Januari ini naiknya. Bisa Rp 3 juta sampai Rp 5 juta. Untuk model dengan warna tertentu misalnya Honda HR-V di luar warna putih ditambah biaya  Rp 1,5 juta,” Jelas Maria. Yang pasti mengalami kenaikan adalah Honda HR-V, tipe 1.8 Prestige CVT jika pada tahun 2015 lalu dijual dengan harga Rp 364,5 juta maka di tahun ini Honda HR-V dibanderol Rp 367 juta untuk warna mewarh. Sedangkan pada warna lain akan mendapat tambahan harga sekitar Rp 1,5 juta, dan untuk warna putih ditambah Rp 3 juta.

Selain varian dari Honda HR-V, Honda Mobilio juga akan mengalami kenaikan harga di tahun baru ini, jika tahun sebelumnya Honda Mobillio dijual dengan harga Rp. 198 juta untuk tipe E-MT maka di tahun 2016 ini akan berubah menjadi Rp. 201 juta untuk warna putih, sedangkan untuk warna yang lain mendapatkan tambahan harga Rp. 1 juta. Pihak Honda sendiri dalam waktu dekat akan mengumumkan harga produk barunya di tahun 2016, hal ini dilakukan menyusul kepastian mengenai tarif bea balik nama dan kendaraan bermotor (BBNKB). Seperti yang disampaikan Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM, Jonfis Fandy yang mengatakan jika mulai bulan Januari 2016 ini harga kendaraan akan naik tapi dirinya belum memastikan karena menunggu kenaikan dari BBNKB. Jonfis ini menambahkan ditahun 2015 pihaknya sudah melakukan kenaikan harga sebanyak dua kali presentasi mencapai 5%. Dirinya juga mengungkapkan selain karena tarif baru yang ditetapkan BBNKB ada beberapa faktor lain yang ikut menjadi faktor kenaikan harga mobil, misalnya masalah inflasi dan kondisi nilai tukar rupiah terhadap uang dolar. Namun untuk kenaikan karena masalah rupiah biasanya agen pemegang merek tidak bisa langsung menaikkan harga secara spontan karena harus menyesuaikan fluktasi.

Jonfis juga memastikan jika harga mobil murah ramah lingkungan atau yang biasa disebut LCGC mereka yaitu Honda Brio Stya pun akan mengalami kenaikan harga walaupun belum diketahui kenaikan harganya. Karena pemerintah Indonesia memperbolehkan mobil yang berada pada segmen LCGC untuk menaikkan harga setiap tahunnya. Sedangkan untuk mobil baru HPM yaitu Honda BR-V yang dipasarkan tahun ini tidak akan mengalami kenaikan harg ayang signifikan setelah nantinya dikirim ke konsumen.
Share on Google Plus

About Honda Nasional