Korps Lalulintas (korlantas) Terapkan Peraturan Baru , SIM C Tak Bisa Dipakai untuk Semua Jenis Motor

Korps Lalulintas (korlantas) Polri kepolisian Negara Republik Indonesia telah memukul palu untuk mengenluarkan peraturan baru mengenai SIM surat izin mengemudi yang ditujukan bagi pengendara motor yang memakai SIM C, kali ini SIM tersebut tidak bisa dipergunakan untuk semua jenis kendaraan bermotor. Tidak seperti pada peraturan sebelumnya SIM C bisa digunakan untuk semua jenis kendaraan bermotor.
“Ada Informasi dari Korps Lalulintas (korlantas) Polri kepolisian Negara Republik Indonesia, menetapkan ada peraturan baru mengenai SIM C. Mulai dari bulan Mei 2016 besok sudah dimulai pelarangan bahwa SIM C tidak bisa beraku lagi Untuk jenis semua motor, jadi peraturan yang lama tentang SIM C bisa dipergunakan untuk semua jenis kendaraan bermotor sudah tidak berlaku lagi,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Risyapudin Nursin pada hari Minggu tanggal 9 Januari 2016.
Peraturan baru Korps Lalulintas (korlantas) Polri kepolisian Negara Republik Indonesia tersebut sudah tertera pada surat pembaruan yang bernomor ST/2653/XII/2015. Ada dua keputusan yang dijelaskan dalam hal klasifikasi SIM C serta limit waktu untuk perpanjangan SIM, yang tertulis dalam buku tersrebut.
Dia mengatakan,”Peraturan mengenai penggolongan SIM C yang baru dikeluarkan itu mulai diterapkan pada tanggal 1 Mei 2016″.
Yang dimaksud penggolongan jenis surat izin mengemudi ini dikelompokan sesuai kemampuan mesin motor atau CC. Adapun penggolngan surat izin mengemudi tersebut dibagi menjadi tiga golongan, untuk jenis pertama SIM C yaitu SIM C poos kemudian SIM C1 serta SIM C2.
“Peraturan mengenai akan dibaginya jenis SIM C yang nantinya akan terbagi menjadi tiga klasifikasi, yaitu C, C1, dan C2. Dan peraturan tersebut akan sudah berlaku pada awal bulan Mei 2016, jika ada hal yang medesak maka paling lambat April 2016,” katanya.
Nah sedangkan penggolongan utukuk ketiga SIM tersebut adalah
SIM C dipergunakan untuk kendaraan bermotor yang kapasitas mesinnya 250 cc kebawah.
SIM C1 dipergunakan untuk kendaraan sepeda motor yang kapasitas mesinnya dari 250cc sampai 500cc.
sedangkan SIM C2 digunakan untuk kendaraan bermotor yang mesinnya berkapasitas 500cc keatas.
“Untuk teknis penggantian SIM C dengan golongan baru akan secara serentak dimulai pada bulan Februari sampai April 2016,” tambahnya.
Bukan hanya mengenai pembagian golongan SIM saja melainkan pihak kepolisian juga memberikan batasan waktu untuk perpanjangan SIM, yaitu diberi batas waktu selama 14 hari sebelum tanggal habisnya.
Share on Google Plus

About Honda Nasional