Mengapa Tak Perlu Berlama-lama Panaskan Mesin Motor Injeksi?

Teknologi injeksi sudsah lama dibekali pada motor sebagai peranti elektronik yang lebih canggih dan lebih pintar jika dibandingkan dengan karbulator. Dengan demikian maka tidak perlu memanaskan mesin kendaraan motor anda dengan waktu yang lama ketika ingin digunakan. Karna itu akan membuang waktu anda jika anda dalam kondisi terburu-buru.
ECM (engine control module) adalah salah satu teknologi canggih yang diterapkan pada motor injeksi yang berfungsi untuk mengatur keperluan seberapa bahan bakar yang ideal digunakan pada kendaraan motor anda,” kata Rangga Noviar, Technical Service Analyst Astra Motor, pada hari Rabu 13 Januari 2016.
Dia pun melanjutkan sehingga ketika motor pertama kali ingin anda panaskan mesinnya, maka anda tidak perlu ribet-ribet menarik tuas gas pada motor tersebut. Karna jika anda menarik-narik tuas gas ketika memanaskan mesin itu akan berdampak pada borosnya dalam mengkonsumsi bahan bakar minyak.
“Satu menut adalah waktu yang sangat cukup bagi motor matik untuk dipanaskan, dikarnakan jarak waktu satu menit tersebut kinerja oli mesin dan sistem bahan bakar minyak serta yang lainnya sudah bisa difungsikan,” tuturnya.
Tidak salahnya walaupun motor anda sudah berteknologi injeksi tetap memanaskan mesin tetap harus dilakukan ketika anda ingin memakainya apalagi perjalanan jauh, dengan tujuan untuk memastikan kombinasi bahan bakar yang sudah tercampur yang akan masuk ke ruang bakar sudah selayakanya.
Tapi ada yang tetap membedakan motor yang tidak injeksi dan motor yang sudah berteknologi injeksi yaitu kelebihan motor injeksi adalah tidak perlu berlama-lama dalam melakukan pemanasan, dikarnakan motor yang sudah menerapkan teknologi injeksi sudash dilengkapi dengan komponen yang mampu mendeteksi suhu mesin kemudian secara otomatis infomasi tersebut dikirim ke ECM (engine control module) sehingga dapat memudahkan motor untuk dihidupkan.
“Hal ini sangat berbeda dengan motor yang masih sangat tergantung pada karburator yang masih mengandalakan tuas choke untuk dapat memaksimalkan bahan bakar menuju kemesin, dengan demikian motor dengan mudah dihidupkan,” tutur Novia.
Share on Google Plus

About Honda Nasional