Apa itu Torsi ?

Ini Bedanya Tenaga dan Torsi Mesin
Hondanational.org - Jika Anda membaca artikel mengenai mobil, atau motor baru, pasti di dalamnya tercantum mengenai berapa besar tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh mesin. Dua angka ini juga biasa dicantumkan oleh produsen pada brosur kendaraan yang mereka jual.

Dilansir dari Bikesindia, Selasa 28 Juli 2015, meski banyak mobil, atau motor menggunakan mesin dengan kapasitas mesin yang sama, namun belum tentu karakternya juga sama. Hal ini, karena ada perbedaan cara mendapatkan tenaga dan torsinya.

Setiap produsen memiliki kebijakan sendiri-sendiri mengenai desain mesin yang ideal. Desain ini, tentunya dibuat untuk menyesuaikan dengan jenis kendaraan. Biasanya mobil sedan, atau motor sport dirancang untuk bisa mendapatkan kecepatan setinggi-tingginya. Sementara itu, mobil Sport Utility Vehicle (SUV), atau motor bertransmisi otomatis lebih mengandalkan torsi.

Tenaga pada mesin identik dengan kecepatan, jadi semakin besar tenaganya, kecepatan yang diraih juga makin tinggi. Sementara itu, torsi berpengaruh pada akselerasi kendaraan, yaitu kemampuan mesin untuk menggerakkan kendaraan dengan jumlah beban tertentu.

Semakin berat bobot kendaraan, maka butuh torsi yang besar untuk bisa menggerakkan kendaraan tersebut mencapai kecepatan tertentu. Jika diterapkan dalam bentuk kondisi jalan, torsi yang besar cocok untuk penggunaan dalam kota, dimana mobil atau motor tidak bisa melaju terlalu kencang.

Torsi juga lebih diutamakan pada mobil-mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV), karena beban yang harus ditanggung mobil tersebut lebih besar ketimbang sedan atau citycar.

Sementara itu, untuk jalur luar kota dan jalan bebas hambatan, tenaga mesin memiliki peran yang besar. Semakin tinggi putaran mesin bisa diraih, maka makin cepat pula kendaraan dapat melaju.

Sumber : Viva.co.id
Share on Google Plus

About Honda Nasional