Tips Membeli Head Unit Android




Perkembangan teknologi terkadang sulit ditebak. Pasalnya dalam sekejap, konsumen dihadapkan dengan beragam hal baru dari dunia teknologi yang berubah begitu dinamis. Seperti halnya sistem Android yang belum lama hadir meramaikan pasar gadget.

Namun kini, sistem itu tak lagi monopoli gadget. Beberapa produsen audio pun melansir head unit yang mengandalkan sistem Android sebagai operating system.

Tentu hal ini akibat banyak orang yang menggunakan gadget ketika di dalam kendaraan. Dengan head unit menggunakan sistem Android, pengguna pun bisa menselaraskan gadget-nya dengan head unit.
Modem digunakan untuk koneksi ke jaringan internetKini akses internet bisa kita dapatkan di kabin
Toyota Vios menjadi salah satu produk yang telah mengaplikasi head unit dengan sistem Android. Sehingga penggunaan gadget di mobil dapat dikurangi karena gadget bisa dikoneksikan ke head unit dan mengfungsikan aplikasi yang ada via head unit.

Tidak ketinggalan beberapa head unit aftermarket dengan sistem Android yang kini mulai bermunculan.

Salah satunya adalah AVT AND-8000. Menggunakan Android 2.3, head unit ini menggunakan RAM DDR3 512 MB. Fitur yang dihadirkan pun cukup lengkap mulai dari TV, DVD player, GPS, koneksi Bluetooth, iPod dan iPhone.

Head unit seharga Rp 4,25 juta ini bisa terkoneksi dengan internet melalui modem atau Wi-fi, termasuk memanfaatkan personal hotspot dari gadget Anda.

Untuk aplikasi, telah disediakan ikon Play Store. Anda pun bisa dengan mudah mengunduh beragam aplikasi.
Tampilan yang user friendly adalah suatu keharusan dalam pemilihan head unitGPS pun sudah tersedia dalam head unit Android

Contoh lain ada Kenwood DNN9330BT. Head unit ini menggunakan Android 4.0, dengan CPU Coatex A8 yang memiliki speed 1 GHz dan RAM 2 GB.

Untuk fitur hiburan mirip dengan AVT AND-8000, tapi belum ada TV tuner. Namun ia menggunakan GPS dari Garmin yang bisa dijadikan GPS tracker ketika terkoneksi dengan internet.

Untuk jaringan internet, head unit ini tidak bisa menggunakan modem. Sehingga jaringan internet via Wi-fi jadi satu cara untuk online.

Juga tersedia ikon Play Store dan head unit seharga Rp 11 juta ini menggunakan route collecter site yang dimiliki Kenwood untuk mendapatkan aplikasi. Ragam aplikasinya pun hanya yang dibutuhkan di kendaraan. Soalnya Kenwood mempertimbangkan faktor safety saat berkendara.

Dari dua contoh head unit tadi, masing-masing memiliki nilai plus dan minus. Nah, pemilihan head unit Android menjadi hal krusial berikutnya. Selain soal budget, ada beberapa hal penting lainnya yang bisa Anda gunakan untuk menentukan pilihan produk sesuai keinginan dan kebutuhan.

Memilih Head Uniti Android


Menyesuaikan dengan budget
Ketika ingin memiliki head unit Android, ada baiknya Anda pun menyesuaikan dengan budget. Karena ragamnya harga yang beredar di pasar memberi keuntungan kepada calon pembeli untuk memilih. Dengan harga head unit yang murah bukan berarti, tidak bagus. Parameter Anda pun bisa berpacu pada spesifikasi dari head unit tersebut.

Sesuaikan dengan kebutuhan
Tentu mubazir ketika membeli head unit dengan sejuta fitur, tetapi fitur tersebut tidak Anda gunakan. Sebaiknya pikirkan terlebih dahulu fitur apa saja yang Anda butuhkan di dalam head unit Android. Misalnya pilihan koneksi yang disediakan. Dalam hal ini termasuk untuk berkoneksi dengan internet. Dengan membeli head unit sesuai kebutuhan, Anda pun bisa menekan budget dan bisa mengalokasikannya untuk upgrade  komponen audio lainnya.

User friendly
Dikarenakan penempatannya di dalam mobil, head unit ini juga harus user friendly penggunaannya. Jangan sampai Anda justru kesulitan dalam pengoperasiannya. Pilihlah head unit dengan tampilan menu dan tombol yang mudah dimengerti.

Teknologi mirror link pada beberapa head unit Android bisa Anda manfaatkan. Dengan teknologi ini, tampilan layar head unit akan sama dengan tampilan gadget Anda.

Kenwood menyediakan GPS dari GarminSinyal Wi-fi pun bisa menjadi pilihan alternatif, untuk mengakses ke InternetKini akses internet bisa kita dapatkan di kabin
Share on Google Plus

About Honda Nasional