Tips Merawat Performa Mobil

Mobil tersusun dari beberapa ratus sistem kecil dan ribuan bagian. Dan masing-masing memiliki fungsi sendiri. Untuk tetap menjaga agar tetap berfungsi secara maksimal tentunya membutuhkan perawatan berkala. Dan pastinya bentuk perawatannya pun berbeda-beda, tergantung dengan bagian mana yang ingun dirawat atau yang bermasalah. Berikut bintmof akan memberikan tips merawat mobil bekas agar tetap terjaga performanya:
Sebaiknya selalu melakukan pemeriksaan mesin setiap kali ingin menggunakan. Dengan demikian ketika ada masalah pada bagian atau spare part mobil tersebut anda akan merasakannya apakah itu hanya membutuhkan perbaikan saja atau harus diganti. Biasanya hal tersebut ditadai dengan kurang nyamamnya ketika dikendarai, anda harus peka karena hal tersebut bisa menjadi petunjuk bahwa ada komponen yang memerlukan perbaikan atau harus diganti.
Setiap kali anda ingin berkendara maka periksalah keadaan ban mobil. Yang perlu diperiksa adalah ketebalan dan tekanan anginnya. Jika kurangnya tekanan ban dan ketebalannya maka hal tersebut bisa menyebabkan kecelakaan dijalanan, sebelum hal tersebut menimpa anda maka sebelumnya lakukanlah tips ini.
Anda juga harus mengetahui jalan yang bagaimana anda lewati, jangan sampai mengendara dengan kecepatan tinggi di jalanan yang penuh dengan lubang, karna hal tersebut bisa memperpendek umum suspense. Bahkan bisa merusak ball joint dan tie rod. Sehingga ban tersebut akan lebih cepat aus.
Oli mesin kendaraan anda harus diganti setiap sudah menyentuh angka 4000 sampai 5000 kilometer. Bahkan ada beberapa mobil yang harus untuk menambahkan oli mesin sebelmu 2000 Kilometer. Karna mesin yang sudah meminum oli.  Bukan hanya oli saja melainkan Oli power steering, minyak rem, mesin cuci pelarut, cairan anti beku serta pelumas transmisi juga harus secara rutin diperiksa dan diganti. Disarankan ketika mengganti oli untuk juga mengganti filter oli.
Aki yang merupakan komponen kelistrikan harus diperhatikan secara khusus. Jika mobil anda sudah menggunakan aki kering maka tidak begitu ribet perawatannya, berbeda jika mobil anda masih menggunakan aki basah maka anda harus sering mengecek tinggi air aki dan jika memang itu perlu memeriksakan kondisinya apakah baik atau tidak. Karna aki adalah komponen kelistrikan, jika bermasalah maka komponen kelistrikan lain tidak dapat berfungsi secara maksimal. Selalu jaga kebersihan pada terminal aki, karna kerak yang menempel tersebut akan menggangu kinerja aki serta akan memperpendek usia aki.
Periksa kondisi wiper terlebih lagi jika meng musim hujan. Jika wiper tidak berfungsi secara maksimal akan sangat berbahaya karna percikan air tidak bisa dibersihkan secara sempurna, sehingga akan mengganggu jarak pandang anda. Mencampur air di dalam tabung pencuci dengan cairan pembersih wiper juga akan sangat membantu kenyaman saat berkendara, langkah tersebut juga akan membuat wiper lebih awet
Periksa juga timing belt karna sabuk mesin juga perlu di ganti secara berkala setiap 45.000 hingga 5.000 kilometer. Kemudian pastikan air radiator selalu dalam keadaan penuh dan berfungsi secara maksimal. Setelah melewati temperature normal maka segeralah mengisi ulang dan memeriksa radiator agar tidak cepat panas karna hal tersebut bisa mengakibatkan terjadinya overheat yang dapat merusak komponen mesin di dalam mesin.
Untuk yang terakhir yaitu panaskanlah mesin mobil anda ketika ingin digunakan. Tujuannya yaitu agar komponen pada mesin sudah terlumasi dan mengindari terjadinya gesekan.
Share on Google Plus

About Honda Nasional