Ini Solusi Jika Mobil Anda Terendam Oleh Air



Untuk menghindari musim hujan tidaklah mungkin, terkecuali pergi dari daerah tersebut. Terlebih lagi musim hujan terkadang menjadi sebuah ancaman di beberapa daerah yang daya serapnya kurang. Pastinya musim hujan sewaktu-waktu akan menjadi ancaman yang akan merendam apa saja yang ada di daerah tersebut, juga akan menjadi ancama bagi pemilik kendaraan beroda empat, yang bisa saja terkena ancaman tersebut yaitu genangan air yang mampu merendam mobil tersebut. Dan ancaman seperti ini sudah menjadi acara tahunan setiap musim hujan datang.
Terutama di Ibu Kota, sudah tidak asing lagi telinga kita mendengar kebanjiran di Jakarta. Tidak hanya di pemukiman penduduk saja yang terancam dengan banjir, ancaman banjir juga ditemui di hapir seluruh jalanan di Kota Jakarta ketika masuk musim penghujan. Yang terpenting adalah bagaimana sikap dalam menangani hal yang sudah menjadi agenda tahunan ini.
Sudah tidak asing lagi ketika musim hujan datang, banyak kendaraan yang terendam oleh genangan air termasuk juga kendaraan beroda empat. Akan tetapi jangan panik dulu, karna sebenarnya ada cara sederhana yang bisa dilakukan ketika kendaraan anda terendam oleh air.
Seorang teknisi bengkel yang berasal dari daerah cipuput, Wawa. Dia menyarankan kepada setiap pemilik kendaraan beroda empat yang terendam oleh banjir maka lekaslah melakukan tindakan pencegahan sebelum semakin parah, sehingga hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.
‘’Jangan terlalu hawatir kerjakan dengan pasti dan tidak panik, caranya tidak sulit yaitu cabut salah satu kabel negative pada aki. Hal tersebut dimaksud untuk memperpendek kemungkinan terjadinya arus pendek yang nantinya akan merusak dan merembet pada komponen lainnya’’,kata wawan.
Untuk langkah berikutnya wawan menyarankan untuk segera menonaktifkan rem parkir dan gunakan ganjalan berbentu batu atau semisalnya atau juga menggunakan perseneling ke gigi 1 jika itu kendaraan matik masukan posisi P. Hal tersebut bermaksud untuk untuk menghindari kanvas rem melekat, terutama kendaraan yang masih menggunakan rem tromol.
Langkah berikutnya periksa semua oli atau minyak pelumas baik itu yang ada di mesin, transmisi atau dari beberapa bagian yang lain. Ditakutkan oli berpotensi tercampur dengan air. Yang lebih bagus lagi untuk menggantinya dengan oli baru.
Langkah terakhir untuk memastikan apakah kendaraan anda baik-baik saja maka bawalah ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan secara keseluruhan, ingat sebelum itu pastikan mobil anda sudah dalam kondisi siap dikendarai.
Share on Google Plus

About Honda Nasional