Jangan Cuci Kaca Mobil Pakai Sampo Rambut, Ini Alasannya

Penampilan atau gaya sudah menjadi hal yang wajib diperhatikan. Sehingga perawatan pada kendaraan baik itu roda empat atau roda dua merupakan hal yang harus dilakukan. Karna dengan perawatan yang rutin, kendaraan tersebut akan selalu dalam kondisi prima dan menambah percaya diri bagi pengendara.


Oleh sebab itu perawatan kendaraan tidaklah bisa dilakukan secara sembarangan. Sebab tidak sedikit para pemilik kendaraan tidak bisa atau salah dalam perawatan kendaraan mereka. Salah satu contoh mitos yang telah beredar di kalangan masyarakat adalah mengenai sampo rambut dan tembakau yang dipercayai bisa membersihkan kaca mobil yang terkena air hujan.
Jika diperhatikan dari pengalaman para pemilik kendaraan mobil memang seper itu. Kaca mobil akan bening dan bersih jika dicuci menggunakan tembakau dan sampo rambut. Akan tetapi sebenarnya kedua bahan tersebut rupanya tidak dianjurkan.
Menurut General Service Manager Department, Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurahman, bahwa dua barang tesebut memang bisa membuat kaca menjadi bersih akan tetapi bisa saja memiliki efek samping.
‘’Memang benar bahwa sampo rambut dan tembakau memang bisa membuat kaca jadi bersih. Akan tetapi kami belum pernah melakukan riset mengenai zat-zat apa saja yang terkandung pada sampo rambut dan tembakau. Toh juga sekarangkan sudah ada jenis-jenis sampo khusus untuk membersihkan kaca mobil,’’ucapnya.
Dia juga menambahkan bahwa alasan mendasar kenapa kebanyakan menggunakan sampo rambut atau tembakau yang digunakan untuk membersihkan kaca mobil dikarnakan dua barang tersebut lebih mudah didapatkan dan harganya juga terjangkau.
‘’Sebenarnya memang sifatnya juga dapat membersihkan layaknya pembersih khusus kaca mobil lainya. Kaca dan karet wiper itu tidak kering setelah terbasahi oleh sampo rambut atau tembakau layaknya sabun khusus kaca,’’tambahnya.
Akan tetapi Iwan menyarakan agar menggunakan sampo khusus kaca saja, sebab zat yang terkancung dalam sampo tersebut sudah melewati beberapa riset, jadi lebih aman dan tidak memiliki efek samping.
Share on Google Plus

About Honda Nasional