Tips Berkendara di Bulan Ramadhan


Akhirnya tiba bulan suci ramadhan, bulan suci umat islam yang lebh baik dari seribu bulan. Jangan sampai menjadikan puasa pada bulan suci ramadhan sebagai alasan untuk menghalangi aktifitas keseharian anda, mentang-mentang puasa jadi malas dan lesu untuk beraktifitas ditambah lagi cuaca yang begitu panas. Pada kesempatan kali ini binmof akan memberikan tips bagi anda yang melakukan perjalnan jauh ketika puasa, sehingga bepergian anda pada bulan ramadhan tidak mengganggu puasa anda.
Yang telah diketahui bahwa bulan puasa adalah bulan dimana menahan tidak hanya dari makan dan minum saja melainkan dari segala yang membuat rusak amalan ibadah puasa seperti bohong, mengguncing, dari mulai imsak hingga magrib. Ketika kita berkendara pada siang yang begitu panas otomatis dapat menguras tenaga dan dehedrasi serta mengurangi tenaga.
Akan tetapi jangan sampai hal yang seperti itu membuat batal puasa anda walau memang ada uzur bagi untuk yang safar atau bepergian jauh, selagi kita masih bisa untuk berpuasa kenapa tidak. Berikut tips berkendara ketika bulan puasa:
Tips berkendara di bulan puasa agar puasa anda tidak batal.
  1. Periksa kondisi mobil anda terlebih dahulu
Terkadan pada bulan puasa ada beberapa aktifitas rutin yang tidak bisa dikerjakan lantara kondisi yang lemas dan malas, akan tetapi jangan sampai anda lupa untuk memeriksa kondisi mobil anda di saat bulan puasa karna kondisi kendaraan yang prima dapat melancarkan berkendara anda pada bulan puasa. Yang jelas hal tersebut agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
  1. Mengonsumsi makanan yang cukup ketika sahur
Berkendara juga membutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sekejab saja anda lengah ketika berkendara maka pada waktu itu kecelakaan bisa saja akan terjadi. Sedangkan untuk menjada konsentrasi ketika berkendara di bulan puasa maka ketika makan sahur konsumsilah makanan yang mengadung protein dan cairan, dan jangan mengonsumsi karbohidrat yang berlebih, karna hal tersebut bisa membuat ngantuk disiang hari. Yang ditakutkan pada hari itu anda akan melakukan perjalanan jauh.
  1. Perhatikan jarak tempuh dan ketahanan tubuh
Ketika puasa kondisi tubuh tidaklah seperti bulan-bulan biasa bagi yang berpuasa. Semakin siang maka semakin berkurang energi yang dimiliki. Maka ketika berpuasa maka hendaklah memperhatikan jarak tempuh dan lama waktu anda dalam perjalanan. Jika anda tidak memperhitungkan dihawatirkan akan menghilangkan konsentrasi anda ketiak berkendara.
  1. Perhatikan waktu istirahat anda
Waktu beristirahat anda perlu diperhatikan ditengah padatnya aktifitas anda. Beristirahatlah ketika pukul 22.00 sampai 23.00 gunakan untuk rilek jika memang perkejaan anda memang belum selesai. Kemudian tidurlah ketika 00.00, menurut penelitian jerman bahwa waktu 00.00 sampai 03.00 adalah waktu bagi tubuh untuk glukogenesis (pembentukan energi dari glukosa) dan fase detoksifikasi (pengeluaran racun oleh hati dan empedu) dan saat berpuasa adalah merupakan siklus yang sangat baik untuk fase-fase tersebut. Perbedaan waktu berpuasa dengan waktu biasa adalah perubahan waktu sarapan pagi saja, lakukan pola istrahat seperti biasanya.
Share on Google Plus

About Honda Nasional