Alasan Nitrogen Lebih Baik Dari Angin Biasa



Pernahkah anda berfikir mengapa pengisian ban baik itu kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat menggunakan nitrogen lebih mahal ketimbang menggunakan angin biasa? Apakah semua itu ada kaitannya dengan usia ban agar tidak cepat aus? Mari simak penjelasan mengenai kelebihan menggunakan nitrogen untuk ban kendaraan:
Mungkin dari beberapa informasi yang telah kita dapatkan baik itu dari media atau dari mulut ke mulut, bahwa jenis nitrogen terbilang lebih baik ketimbang dengan angin biasa. Ada yang berpendapat bahwa menggunakan nitrogen lebih nyaman dan ringan ketika kecepatan tinggi dan tahan lama serta dapat membuat ban tidak cepat panas.

Memang informasi tersebut tidak salam seutuhnya, melainkan harus ada beberapa penjelasan yang lebih terperinci lagi untuk mejelaskannya. Pengisian ban menggunakan angin jika diamati kandungan angin tersebut terdiri dari 78 persen nitrogen, 21 persen oksigen (O2) dan sisanya adalah carbondioksida (CO2) serta gas lainnya seperti neon dan argon plus dan sedikit unsur air.
Dalam proses panjang pemakaian angin yang di suntikan kedalam ban tersebut, beberapa paduan unsur tersebut akan menimbulkan atau memicu ekfek pengembunan serta karat atau korosi yang terkhusus pada velg tunggangan. Dan juga angin memiliki sifat yang mudah terlepas dari pori-pori ban, dikarnakan memiliki partikel yang lebih kecil jika dibandingkan dengan pure Nitrogen dan juga pada kecepatan tinggi dapat meningkatkan temperatur usur-unsur didalamnya sehingga membuat ban menjadi memuai, inilah yang membuat umur ban menjadi lebih pendek.

Semua kendala tersebut tidak akan dialami jika anda menyuntikan nitrogen terhadap ban kendaraan anda dengan tanpa combinasi unsur gas lainnya, atau bisa dibilang murni Nitrogen, ada pun beberapa kelebihannya:
  1. Nitrogen lebih stabil suhunya jika dibandingkan dengan jenis gas yang lainnya, sebab nitrogen tidak mudah terpengaruh dengan perubahan suhu ketika menempuh perjalanan jauh, dan juga membuat ban menjadi lebih cepat dingin.
  2. Nitrogen juga memiliki jenis berat yang lebih ringan dan partikel yang lebih besar dibanding dengan oksigen, oleh sebab itu akan jarang sekali untuk melakukan pengisian jeika menggunakan nitrogen karna tingkat kebocoran ban lebih sedikit. Keawetan nitrogen dengan oksigen berbandung 1/3 lebi lama.
  3. Karna membuat pejalanan menjadi lebih nyaman maka tingkat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.
  4. Memperbaiki manuver tunggangan.
  5. Dapat mencegah terjadinya karat pada velg karna nitrogen adalah gas kering. selain itu kompon karet yang diisi nitrogen juga akan lebih awet akibat nihilnya unsur air yang memicu kelembaban pada ban. Padahal dalamn jangka waktu lama lembab sisi dalam dan panas sisi luar bisa membuat material karet ban crack secara mikro yang berdampak pada kurangnya durability
Share on Google Plus

About Honda Nasional