Honda masih pelajari kemungkinan bermain di segmen LCGC 7 seater penantang toyota calya

Honda masih pelajari kemungkinan bermain di segmen LCGC 7 seater (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Honda Prospect Motor (HPM) dipastikan belum akan ikut dalam persaingan mobil low cost green car (LCGC) di pasar nasional. Seperti diketahui, segmen ini sudah diisi oleh Datsun GO+ Panca dan tidak lama lagi akan diramaikan oleh Toyota Cayla, Daihatsu Sigra, dan Suzuki Karimun Wagon R .

Menurut Jonfis Fandy, marketing and aftersales service director HPM, pihaknya masih mempelajari apakah peminat LCGC dengan kapasitas tujuh tempat duduk banyak atau tidak.

“Honda itu sebenarnya unik. Artinya, kalau mau masuk ke satu segmen, kami bisa pioneer seperti BR-V, HR-V, Jazz, dan sebagainya. Masuk LCGC pun sama seperti itu. Tapi kami ingin membedah marketdulu, apa yang konsumen mau, bukan apa produk yang kami punya. Sekarang kami mau mencoba menyamakan dengan permintaannya itu. Selama ini, kalau kita lihat pemain baru hanya Datsun, jadi belum begitu terlihat (pasarnya),” ungkap Jonfis di Jakarta, Rabu 22 Juni 2016 malam.

Selain itu, tambah Jonfis, pasar mobil LCGC tidak tumbuh besar karena kondisi perekonomian yang belum stabil. Berlandaskan dari hal itu, pihaknya masih ingin melihat dulu bagaimana permintaan pasar terhadap LCGC.

Faktor lain, lanjut Jonfis, adalah positioning harga. Jangan sampai satu produk LCGC dengan lainnya bertabrakan.

"Kami ingin tahu, kalau konsumen datang ke showroom, mereka punya pilihan apa. Harga LCGC kan terbatas. Sama-sama LCGC Anda mau pilih yang panjang atau pendek. Nah, kalau sudah begitu nanti yang susah malah yang jualan ketimbang yang melihatnya. Jadi bagaimana dia tidak saling memakan,” pungkas dia.

Seperti diketahui, PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (DAM) disebut-sebut akan meluncurkan mobil LCGC 7 seater di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus mendatang. Mobil hasil kolaborasi tersebut menggunakan platform yang sama dengan LCGC Agya-Ayla. Sementara Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga menyiapkan LCGC 7 setaer-nya, Karimun Wagon R. Bahkan, mobil ini sebenarnya sudah diperkenalkan lebih dulu di Indonesia, yakni pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014.
Share on Google Plus

About Honda Nasional