Tips Agar Ban Mobil Awet

Ketika menempuh perjalanan jauh ternyata dipertengahan perjalanan terasa ban bocor sehingga membuat kita mencari tempat tambal ban, pastinya rasa kesal menyelimuti kita terlebih lagi masih mengejar waktu.
Dan hal yang seperti ini bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Adapun beberapa penyebab terjadinya kebocoran pada ban itu meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal itu berasal dari kondisi ban yang kekurangan angin sehingga ketika terbentur oleh benda keras tekanan angin tidak bisa menahannya sehingga terjadi himpitan antara velg dan benda keras tersebut, sehingga ban menjadi bocor.
Ahmad Nuril, OEM Technical Service Bridgestone, menyarankan agar setiap pemilik kendaraan baik itu yang beroda dua atau yang beroda empat untuk melakukan pemeriksaan kondisi ban secara berkala. Hal tersebut bertujuan agar bisa menjegah ban-ban yang menamcap pada ban bisa merusak ban.
‘’Jangan samapi lupa untuk selalu meperhatikan kondisi ban, apakah pada ban ada yang menancap seperti paku atau besi menyeremper trotoar. Itu yang bisa dilakukan supaya tidak terjadi kerusakan yang tidak kita inginkan ‘’ jelasnya.
Ahmad menjelaskan, benda-benda yang tajam seperti ini sangat berpotensi untuk merusak ban. Karna bahan dasar ban adalah dari karet yang tidak tahan dengan benda yang keras dan tajam, ban bisa rusak ketika ban menginjak benda taham atau tergores,’’ tuturnya.
Apabila anda mendapati ada benda tajam yang menamcap pada ban, dia menyarankan agar tidak sembarangan memperbaikinya. Oleh sebab itu bagi pemilik kendaraan bisa membawanya kepada penambal ban yang terpercaya.
“Kalau tubeless itu ditambal pakai alat tusuk dan untuk tubeless ada standarnya. Jika sembarangan, maka bisa terjadi tambahan kerusakan seperti membuat lubang baru,” ucapnya.
Share on Google Plus

About Honda Nasional