Kelebihan Mobil Penggerak Roda Depan (FWD)


Jika anda berencana membeli mobil baru, sistem penggerak roda depan (FWD – Front Wheel Drive) atau sistem penggerak roda belakang (RWD – Rear Wheel Drive) yang mana harus anda pilih untuk di beli? Sebelum anda membeli mobil, cari tahu disini tentang kelebihan kekurangan mobil penggerak roda depan.

Salah satu mobil kategori low MPV di Indonesia yang paling banyak di cari adalah Mobil Mobilio Honda. Mobil Honda Mobilio mengunakan sistem penggerak roda depan, berbeda denganGrand New Avanza yang mengunakan sistem penggerak roda belakang. Jika Mobilio menggunakan sistem penggerak roda depan, apa kelebihan serta kekurangan sistem mobil penggerak roda depan?
Kelebihan Sistem Mobil Penggerak Roda Depan



Ada beberapa kelebihan dari sistem mobil penggerak roda depan dibandingkan dengan sistem penggerak roda belakang.

1. Biaya produksi pembuatan mobil penggerak roda depan lebih murah, dibandingkan dengan biaya produksi pembuatan mobil penggerak roda belakang (tentunya di kategori mobil yang sama). Kenapa lebih murah? Hal ini sebabkan oleh spare part pada sistem penggerak roda depan mobil, lebih sedikit dan pemasangan drivertrain lebih mudah. Drivertrain adalah sebuah rangkaian komponen yang berfungsi untuk memindahkan tenaga mobil ke roda, sehingga mobil dapat bergerak. Dengan biaya yang lebih sedikit dalam produksi, membuat mobil penggerak roda depan, harga jual barunya lebih murah dibandingkan dengan sistem penggerak roda belakang, tentunya di kategori mobil yang sama.

2. Berat mobil jadi berkurang, karena di hilangkannya gigi transmisi dan poros gardan untuk menyalurkan daya ke roda belakang. Dengan mobil yang lebih ringan, akan signifikan mengurangi konsumsi bahan bakar. Oleh sebab itu, mobil penggerak roda depan (FWD) lebih banyak ditemukan pada mobil city car dan low MPV keluarga.

3. Kelebihan FWD ada pada traksi mobil di jalanan licin pada saat hujan. Traksi lebih bagus pada jalan licin, karena roda depan yang menarik roda belakang bukan roda belakang yang mendorong roda depan. Selain itu berat mesin mobil yang berada di depan, membantu traksi roda depan pada FWD saat hujan.
Share on Google Plus

About Honda Nasional

0 komentar:

Post a Comment