Tips Membedakan Busi NGK Asli atau Palsu

Komponen mobil lainnya yang sering dianggap remeh tapi keberadaannya sangat penting adalah busi. Sebab busi termasuk salah satu elemen yang dapat mempengaruhi baik tidaknya kemampuan berjalan sebuah kendaraan (mobil). Jika kualitas sebuah busi pada kendaraan baik, tentu kendaraan tersebut akan mampu berjalan dengan baik. Dan begitu juga sebaliknya, jika kualitas busi sebuah kendaraan bermutu rendah, tentu kemampuan laju kendaraan tersebut sedikit banyak akan terhambat (bermasalah).

Busi yang berkualitas rendah, biasanya adalah jenis busi tembaan alias busi palsu. Untuk jenis busi yang ini, anda harus hati-hati jika tidak ingin laju kendaraan anda bermasalah nantinya. Sebab, di pasaran kini banyak beredar berbagai macam busi yang dapat anda pilih, salah satunya adalah busi merek NGK. 

Mengapa busi NGK yang saya jadikan contoh? Busi merek ini saya jadikan contoh sebab busi NGK ini merupakan jenis busi yang banyak dipalsukan. Jika anda teliti, mungkin anda sudah tahu cara membedakan busi NGK asli dan busi NGK palsu. Tapi bagi anda yang masih belum mengetahui perbedaan antara busi NGK yang asli dan yang palsu, berikut ini perbedaannya:


Pertama: perhatikan bagian hextagon metalnya. Pada busi NGK yang asli, terdapat kode khusus yang tertera di bagian ini. Kode tersebut adalah negara pembuat, bulan pembuatan dan tahun pembuatan. Kode tersebut berukuran sangat kecil. Dan hingga saat ini, untuk busi yang palsu belum ada kode yang seperti itu. 

Kedua: perhatikanlah bagian gasketnya. Gasket pada busi NGK dibuat unik, hal ini membuat busi NGK yang asli tidak akan bisa keluar lagi ketika sudah masuk. Tidak demikian dengan busi yang palsu, pada busi yang palsu pasti masih bisa lepas. 

Ketiga: daya tahan atau kekuatan busi palsu tidak sekuat busi asli. Biasanya, untuk busi yang palsu, ketika jatuh mudah sekali bengkok. 

Keempat: Busi NGK yang asli pasti anti karat, sebab Untuk busi NGk yang asli, metal shieldnya melewati proses plating selama lebih dari 4 jam. Jadi, jika anda akan membeli busi di toko sebaiknya anda periksa apakah ada karat atau tidak. Jika ada karat meskipun kecil, dapat dipastikan busi tersebut adalah palsu.
Share on Google Plus

About Honda Nasional

0 komentar:

Post a Comment