Jangan Salah Persepsi Mengenai AKI Mobil


Jika anda tidak menginginkan beberapa komponen dari mobil anda menadi rusat karena korslet maka jangan pernah salah kaprah mengenai kelistrikan. Terlebih lagi bagi anda yang sudah upgrade audio, dan sudah mengganti aki dengan kapasitas lebih besar guna menjaga dari penggunanaan listrik yang boros.
Padahal itu tidak benar, karna fungsi dari baterai atau aki tersebut hanya sekedar wadah untuk penampungan daya listrik, bukan sebagai penghantar kelistrikan. Jika semisal baterai yang digunakan tidak sesuai dengan sitem kerja alternator, hal tersebut akan mengakibatkan kelebihan daya yang pada akhirnya menyebabkan sitem kelistrikan pada mobil akan korslet.
Menurut Marwan, mekanik bengkel resmi Honda, sejatinya fungsi dari dari baterai hanya sekedar penyimpanan listrik jika itu dibutuhkan, bukan sebagai pemasok. Karena baterai tidak bekerja sendiri, maka saling berhubungan dengan komponen lainnya.
“Karena arus yang mengalir pada seluruh komponen kelistrikan dihasilkan dari putaran alternator yang mengubah energi gerakan menjadi arus listrik dua arah,” ujar Marwan.
Dia menjelaskan juga jika terjadi overcharge maka baterai akan mengembung, hal ini sangat menghawatirkan karna bisa berpotensi merusak komponen kelistrikan lainnya. “Untuk mengatur asupan listrik saja sudah ada perangtnya yakni regulator, dia bekerja agar listrik yang mengalir tidak berlebihan,” kata Marwan.
Sedangkan solusi yang disarankan adalah jangan sampai hanya mengganti salah satu dari kedua komponen tersebut. “Lebih baik ganti dua-duanya baterai dan juga alternator jika ingin memiliki asupan listrik diatas standar pabrik. Karena kedua komponen ini saling bersinambungan,” lanjut dia.
Share on Google Plus

About Honda Nasional

0 komentar:

Post a Comment