Berapa Bulan Sekali Anda Mengganti Oli Mobil ?


Hondanational.org - Oli merupakan pelumas yang berfungsi untuk melumasi seluruh bagian dalam mesin,sehingga mesin dapat bekerja dengan maksimal tanpa terjadi gesekan antara part-part yang bekerja di dalam meain tersebut.

Oli sendiri memiliki tipe dan jenis yang berbeda-beda sesuai dengan tipe mesin yang kita gunakan.ada yang kental dan ada yang encer.

Ketahanan pemakaian oli pun berbeda-beda,ada yang tahan hingga 10.000 KM dan ada juga yang tahan hanya 5.000 KM atau ada yang harus di ganti setiap bulan dan ada juga yang diganti per 3 bulan.

Sebenarnya Pernyataan mana yang benar ?
Segala sesuatunya tergantung dari tingkat pemakaian anda,bila anda hanya menggunakan mobil dalam jarak dekat dan mobil tidak aktif 24 jam,maka anda dapat mengganti oli setiap  bulan sekali karna anda tidak mungkin mencapai berdasarkan KM,maka kita ikuti penggantian oli berdasarkan waktu.

Namun berbeda jika anda menggunakan mobil dengan maksimal,maka anda harus mengganti oli setiap bulan atau 10.000 KM mana yang tercapai terlebih dahulu.

Karna jika oli tidak anda ganti,maka kinerja atau performa mesin akan menurun bahkan bisa menyebabkan mesin rusak,karna terjadinya gesekan pada mesin.

Bila anda melakukan penggantian oli bukan di bengkel resmi,maka pastikan tipe oli yang anda gunakan sesuai dengan tipe oli mobil anda,bila tidak sesuai maka performa mesin mobil anda akan menurun dan cepat lelah.
Share on Google Plus

About Honda Nasional

0 komentar:

Post a Comment