Jangan Lakukan Hal Ini Pada Mobil Matic Anda


Hondanational.org - Bagi beberapa orang, memiliki mobil matic membawa lebih banyak keuntungan dan kemudahan. Namun, seringkali mereka lupa memperhatikan hal-hal kecil dan detil yang dapat mempengaruhi kenyamanan dan sistem operasional kendaraan mereka. Jika Anda memiliki mobil jenis, matic hindari hal-hal berikut ini: 

JANGAN PERNAH MEMINDAHKAN TRANSMISI PADA POSISI NETRAL KETIKA MENURUNI JALAN
Mungkin Anda mengira konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih irit ketika menggunakan transmisi netral saat melewati jalan menurun. Misalnya, ketika Anda mengendarai mobil berdesain crossover seperti Honda HRV dan berkendara di daerah pegununga yang memiliki tanjakan dan turunan. Ketika turunan sudah habis dan jalan mulai rata atau bahkan naik maka kecepatan mobil akan berkurang. Mau tidak mau Anda harus memindahkan transmisi Nissan Juke ke posisi D (Drive) pada saat mobil masih dalam keadaan berjalan. Hal itu akan merusak persneling mobil dan pasti ongkos yang dikeluarkan tidak sepadan dengan penghematan bahan bakarnya.


JANGAN PERNAH MEMINDAHKAN TRANSMISI SECARA TIBA-TIBA TANPA BERHENTI TERLEBIH DAHULU
Di perkotaan yang memiliki lahan sempit untuk parkir, menggunakan mobil kecil nan lincah seperti Nissan March memang mengasyikkan. Hanya saja, saat memarkir mobil matic, Anda tidak boleh berpindah dari gigi D ke R tanpa menunggu mobil berhenti. Rem didesain untuk membuat mobil berhenti dan persneling didesain untuk memindahkan gigi. Memaksa persneling untuk berpindah arah dari maju ke mundur dan sebaliknya tanpa berhenti dulu sama saja mempercepat usia persneling.

JANGAN PERNAH MENGINJAK PEDAL GAS DENGAN DALAM SAAT NETRAL DAN LANGSUNG MEMINDAH KE TRANSMISI D
Menginjak gas dengan dalam saat posisi netral akan membuat mesin mobil menyalurkan tenaga besar. Kopling dan persneling bertugas memindahkan gigi, dengan adanya asupan tenaga besar dari mesin secara tiba-tiba maka kopling akan selip dan hal tersebut akan mempercepat keausannya. Injaklah rem saat di posisi D kemudian injak gas perlahan agar persneling dan kopling bisa menyalurkan tenaga yang sesuai untuk menjalankan mobil sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran untuk perawatannya.

JANGAN PERNAH LANGSUNG MEMINDAHKAN TRANSMISI KE POSISI P SAAT MOBIL BELUM BERHENTI
Saat mobil berhenti dan Anda memindahkan transmisi ke P, akan ada mekanisme pengunci yang mencegah gir berputar untuk menggerakkan roda. Memindahkan ke transmisi P saat mobil belum berhenti sepenuhnya sama saja dengan mengadu mekanisme pengunci dengan gir. Besi beradu dengan besi dengan kekuatan mesin yang besar, efeknya seperti apa? Pasti Anda tahu bagaimana efeknya. 


Sebetulnya tidak susah merawat mobil matic selama Anda benar-benar memperhatikan hal yang detil. Baca dan perhatikan buku petunjuk pemilik. Perlakukan mobil dengan halus dan hati-hati. 










Share on Google Plus

About Honda Nasional

0 komentar:

Post a Comment