Mengenal Sunroof, Moonroof, dan Panoramic pada Mobil



Jakarta - Ada tiga jenis aksesoris mobil berupa kaca yang letaknya di langit-langit mobil. Biasanya disebut sunroof, moonroof, dan panoramic.

Yang pertama adalah sunroof, aksesori ini merupakan aksesori tambahan pada mobil. Namun ada juga pabrikan yang membuat mobil, dilengkapi langsung dengan sunroof. Owner Garasi Sunroof Jakarta, Raden Indra Dewanto mengatakan sunroof hanya mempunyai satu tipe.

"Dia sebutannya itu satu step sebenarnya, cuma banyak juga yang bilang dua step. Jadi kalu sunroof itu kan dia ke atas baru keluar (geraknya), nah itu kalau dibilang dua step, dia gerak dulu sedikit (ke atas) baru keluar. Sebenernya 1 step cuma dua gerakan aja," ujarnya saat ditemui detikOto, di Pondok Cabe, Tangerang Selatan.Selain sunroof ada juga yang disebut moonroof. Sebenarnya sunroof dan moonroof tidak terlalu berbeda, namun pria yang akrab disapa Dewa itu mengatakan moonroof ada dua jenis.


"Yang masuk ke dalam, sama nungging namanya till out. Tapi ada juga yang cuma masuk ke dalam doang jadi moonroof ada yang 1 step dan 2 step," ucapnya.

Lalu ada juga yang disebut Panoramic. Jenis ini agak berbeda dengan sunroof dan moonroof, karena panoramic mempunyai ukuran yang lebih besar, namun juga bisa dibuka-tutup, kecuali panoramic kaca mati.

"Kaca yang mati, glass stop. Glass stop itu jadi ga bisa dibuka kacanya, tapi yang dibuka kerai dalamnya, kacanya gabisa bergeraak ga bisa apa-apa, cuma kerainya yang main," kata Dewa.

"Semua sunroof, moonroof, panoramic ada kerainya dan kerainya bisa main. Cuma kalau panoramic yang glass stop kerainya doang yang bisa main, kacanya enggak, intinya panoramic itu kaca besar, 2 kaca atau lebih, atau kaca mati," ujar Dewa.

Lanjut Dewa membeberkan, sunroof, moonroof, dan panaromic yang ada di Indonesia masih berupa barang yang diimpor.

"Masuk dari Singapura. Untuk mobil Eropa juga di Singapura ada. Kan mobil Eropa yang di Singapura pakai sunroof juga. Ya Singapura dan Malaysia lah," pungkasnya. (khi/rgr)

Sumber : Detik Otomotif
Share on Google Plus

About Honda Nasional

0 komentar:

Post a Comment