Pasang Sunroof Mobil Bisa Sampai Rp 20 Juta Lebih


Tangerang Selatan - Mungkin Otolovers tahu dan sering melihat mobil yang menggunakan sunroof, moonroof, dan panoramic. Bagaimana soal biaya pemasangannya untuk mobil yang belum punya fitur itu?



Owner Garasi Sunroof Jakarta, Raden Indra Dewanto mengatakan, untuk harga unitnya itu beragam.

"Ada yang Rp 4,5 juta, Rp 8 juta, Rp 15 juta, tergantung. Bahkan ada yang lebih dari Rp 20 jutaan juga," ucapnya, saat ditemui detikOto, di Pondok Cabe, Tangerang Selatan.



Harga yang kisarannya bisa sampai Rp 20 jutaan tersebut, dikatakan pria yang akrab disapa Dewa, karena barangnya yang langka. "Karena memang barangnya yang sulit didapat, dan unik lah, langka," katanya.

Sedangkan biaya pemasangannya sendiri, biasanya berkisar Rp 5 jutaan.

"Kalau pemasangan umum Rp 3,5, plafon Rp 1,5 juta, jadi Rp 5 juta untuk ongkos pemasangannya, belum sama harga barang, karena itu tadi, barang harganya bervariatif," pungkas Dewa.



Sedangkan untuk ukuran dari sunroof dan kawan-kawannya, dikatakan Dewa mempunyai 3 ukuran, yaitu L, XL, dan Panoramic.

"Kalau sunroof mobil copotan atau mobil bawaan pabrik yang udah ada sunroofnya itu, kalau saya katakan ukuran L, kalau agak besar sekali XL, sesudah itu baru panoramic, saya sebutnya gitu," tutur pria yang hampir 17 tahun berkecimpung untuk urusan sunroof dan kawan-kawannya.



Dewa mengatakan ukuran L adalah ukuran sedang atau medium, biasa digunakan di mobil sedan atau mobil-mobil kecil. Sedangkan XL, biasa digunakan pada kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV), dan Sport Utility Vehicle (SUV). Unutk ukuran panaromic ada yang bisa digunakan pada mobil MPV, SUV, dan sedan.

"Tapi buat sedan susah barangnya kalau panoramic. Fitting-nya juga jauh lebih rumit, karena kan kaca besar (panoramic), sedangkan sedan bentuk konturnya bagaimana kan. Ngakalinnya memang sulit, takutnya terlalau mepet apa segalam macam," pungkasnya. (khi/rgr)


Sumber : Detik Otomotif
Share on Google Plus

About Honda Nasional

0 komentar:

Post a Comment