Penjualan Mobil Tak Lagi Terpusat di Jakarta




Jakarta - Penjualan mobil di Indonesia kini tak lagi terpusat di Jakarta melainkan sudah mulai bergeser ke wilayah Jawa Barat. Hal tersebut diketahui dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

"Ada pergeseran sebaran di tahun terakhir kalau semula nomor 1 itu DKI namun sekarang Jawa Barat baru Jakarta," kata Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara, disela-sela presentasi di Cyber2, Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Tak hanya itu, keseriusan pemerintah untuk membangun kota-kota yang ada di Indonesia bagian Timur juga turut memberikan dampak positif terhadap angka penjualan disana.

"Kalau kita lihat Papua peringkat meningkat dari 27 ke 25, NTB, Bali meningkat semua. Inilah apa yang dilakukan pemerintah memberikan keseimbangan di Timur tercermin dari industri otomotif namun 60 persen masih di Jawa," tambah Kukuh.

Dari hasil di 2016 sedikit peningkatan penjualan 4,5% menjadi 1,060 juta dibanding tahun 2015 yang hanya 1,013 juta.

"Di tahun 2016 kita mencapai 1,060 juta data yang produksi belum selesai dikompilasi tapi indikasinya 1,061 juta lebih tinggi dibanding 2015," jelas Kukuh. (dry/ddn)


Sumber : Detik Otomotif
Share on Google Plus

About Honda Nasional

0 komentar:

Post a Comment