Tips : Cek Kondisi Airbag


Hondanational.org - Airbag merupakan salah satu fitur keselamatan yang paling dibutuhkan dalam sebuah kendaraan,tak jarang konsumen rela berpikir dua kali untuk membeli sebuah kendaraan yang berbeda tipe dan harga,hanya karna ada atau tidaknya airbag.
Fitur keselamatan merupakan salah satu hal yang menjadi fokus seluruh produsen mobil. Karena hingga sekarang kecelakaan saat berkendara masih menjadi salah satu penyebab kematian terbesar. Maka dari itu, para pabrikan mobil berusaha untuk memberikan keamanan terbaik pada mobilnya demi menjaga keselamatan penggunanya.
Saat ini ada banyak fitur keamanan yang bisa kita jumpai pada mobil. Adanya fitur keselamatan juga menjadi nilai lebih bagi calon konsumen ketika membeli mobil. Salah satunya fitur keselamatan mobil yang paling umum ditemui adalah airbag. Airbag atau kantong udara berfungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang ketika terjadi tabrakan. Pada umumnya airbag diletakkan di bagian kemudi dan dasbor.
Sedangkan pada beberapa mobil mewah dan mobil Eropa, airbag juga disimpan di bagian headrest dan setiap sisi mobil. Dengan demikian mobil tersebut tidak hanya memiliki dual airbag pada bagian dasbor saja. Mobil yang telah dibekali dengan side airbag antara lain Toyota Alphard, line-up BMW, Audi, Mercedes-Benz hingga Renault.
Sayangnya tidak semua pemilik mobil paham mengenai prinsip kerja fitur keselamatan tersebut. Banyak yang beranggapan bahwa airbag merupakan bantalan udara empuk yang mengembang ketika terjadi kecelakaan.
Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Tekanan udara yang dikeluarkan oleh airbag ketika mengembang sangat keras dan cepat sehingga pengendara akan merasa seperti dihantam. Itulah sebabnya kantong udara merupakan fitur keselamatan kedua setelah seatbelt dan disebut dengan SRS (Supplemental Restraint System). Oleh karena itu, sangat berbahaya jika airbag bekerja tanpa dilengkapi dengan penggunaan seatbelt atau sabuk pengaman.
Di samping itu, Anda harus memperhatikan peletakan barang di bagian dasbor mobil dan posisi tangan saat mengemudi. Sebab, jika hal tersebut diabaikan justru dapat menyebabkan cedera ketika airbag bekerja.

Sebagai pemilik mobil, Anda juga perlu memeriksa kondisi airbag yang ada pada kendaraan Anda. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat ANda lakukan untuk memeriksa fungsi airbag:
1. Memeriksa fungsi airbag
Pada kendaraan yang telah dibekali dengan airbag, terdapat lampu indikator yang terletak di dasbor dekat spidometer. Lampu indikator tersebut akan hidup ketika mobil dinyalakan. Pengguna dapat memeriksa masalah pada sistem kantong udara melalui lampu ini dengan mencermati jumlah kedipan yang merupakan kode. Berikut adalah arti dari kode tersebut:
  1. Kode 12 : lampu indikator berkedip sebanyak 12 kali menandakan bahwa voltase baterai lemah
  2. Kode 13 : lampu indikator berkedip 13 kali, artinya terdapat masalah atau korsleting pada papan sirkuit airbag.
  3. Kode 14 : lampu indikator berkedip sebanyak 14 kali, menandakan ada masalah pada sensor benturan.
  4. Kode 21 : lampu indikator berkedip 21 kali, berarti perangkat airbag atau kantong udara tidak terpasang dengan benar.
  5. Kode 22 : lampu indikator berkedip 22 kali, berarti sensor benturan tidak dapat berfungsi karena voltase baterai lemah.
  6. Kode 23 : lampu indikator berkedip sebanyak 23 kali, menandakan bahwa terdapat masalah pada sirkuit sensor benturan.
2. Syarat-syarat airbag mengembang
  • Kecepatan mobil saat terjadi tabrakan minimal 22 km/jam. Akan tetapi, untuk beberapa merek mobil, airbag dapat mengembang saat terjadi tabrakan pada kecepatan 12 km/jam.
  • Perlu Anda ketahui, sistem airbag dapat mendeteksi lokasi penumpang. Apabila mobil hanya digunakan oleh satu orang (pengemudi) saja, maka ketika terjadi kecelakaan airbag akan mengembang di tempat pengemudi saja.
  • Kantong udara akan mengembang sesuai dengan arah benturan. Airbag pada bagian dasbor maupun kemudi tidak akan mengembang jika arah benturan berasal dari samping kendaraan atau mobil terguling.
Share on Google Plus

About Honda Nasional

0 komentar:

Post a Comment