Tips : Menghemat Canvas Kopling




Hondanational.org - Kopling (Clutch disc) biasanya mempunyai umur 4 tahun atau sekitar 40.000 km untuk pemakain normal. Tapi kebanyakan orang menganggap bahwa usia ini terlalu lama untuk suatu kendaraan, bagaimana dengan kendaraan anda?
Jika rata-rata pemakaian kendaraan kita setiap tahunnya 10.000km maka dibutuhkan 4 tahun untuk pergantian kopling. Tetapi kenapa masih banyak orang menganti kanvas kopling sebelum 40.000km bahkan 30.000 km?
Faktor penyebabnya adalah karena kebanyakan orang salah dalam cara mengemudi, bukan semata-mata karena kualitas kanvas kopling yang jelek.

Berikut kesalahan-kesalahan kecil yang sering terjadi bagi pengemudi tanpa kita sadari

  • Menekan pedal kopling (setengah kopling) pada saat lampu merah yang jalannya sedikit menanjak, tau pada saat jalanan macet. Sebaiknya lakukan dengan rem tangan dan netralkan persneling.
  • Kaki yang selalu stand by berada diatas pedal kopling walaupun mobil dalam keadaan berjalan. Tanpa kita sadari tekanan kaki kita pada pedal kopling mengakibatkan sedikit terjadi gesekan pada kanvas kopling. Maka sebaiknya posisi kaki tidak berada diatas pedal kopling pada saat mobil berjalan normal. Lakukan penginjakan pedal kopling pada saat diperlukan saja.
  • Lakukan injakan pedal kopling dan perpindahan gigi sehalus mungkin, jangan melepaskan pedal kopling secara mendadak. Misalnya perpindahan gigi 1 ke 2 dst. atau pada saat menurunkan gigi dari gigi 5 ke 4 dst.
  • Jangan menggunakan gigi tinggi 3 atau 4  pada kecepatan rendah misal 30km/jam. Gunakanlah gigi transmisi sesuai dengan kecepatannya yang tercantum pada buku manual.
Kalau kita ingin kanvas kopling kita awet maka kebiasaan kecil diatas harus perlahan-lahan kita hindari. Kebanyakan orang khususnya yang tidak mengerti mengenai fungsi kanvas kopling, menganggap hal diatas adalah hal yang biasa. Kita harus mengingat Konsep dasar bahwa Kopling digunakan untuk memindahkan daya dari Mesin ke penggerak Roda bukan untuk menahan beban kendaraan.
Share on Google Plus

About Honda Nasional

0 komentar:

Post a Comment