Euro NCAP Klaim Mobil-Mobil Terbaru Makin Aman


BRUSSELS - Pada tahun 1997, Euro NCAP mulai melakukan uji tabrak (crash test) pada sejumlah kendaraan. Tercatat, lebih dari 630 peringkat keselamatan telah dikeluarkan dari 1.800 kendaraan yang diuji. Pengujian ini menghabiskan dana sekiar €160 juta atau setara Rp 2,29 triliun tujuannya agar lahir mobil-mobil yang lebih aman.
Jumlah tersebut memang besar, namun hasilnya sangat sebanding. Telah banyak improvement yang tercipta dan mampu menyelamatkan jutaaan nyawa dari perjalanan pengujian yang Euro NCAP selama 20 tahun terakhir.
Dilansir dari Carscoops, Euro NCAP memperlihatkan bagaimana kondisi kendaraan setelah crash test 20 tahun lalu dengan kendaraan lansiran terbaru. Mereka menggunakan Rover 100 lansiran 1997 dengan Honda Jazz lansiran 2015 sebagai perbandingannya.
“Kami sangat bangga karena sudah 20 tahun kami berada di garis depan keselamatan jalan dan program Euro NCAP telah meraih hasil maksimal. Artinya dapat meningkatkan tingkat keselamatan di mobil dan membantu Eropa untuk mencapai fatalitas kecelakaan terendah di dunia,” ungkap Michiel van Ratingen, Sekertaris Jendaral Euro NCAP.
Ia juga menyebutkan bahwa Euro NCAP telah memberi pengetahuan pada jutaan konsumen dan kepercayaan untuk memilih mobil teraman semaksimal mungkin. Meski demikian, Ia tidak menampik dalam beberapa tahun terakhir terdapat perlambatan pertumbuhan kendaraan aman.
“Tapi kami tidak akan menyerah. Kami ingin memastikan bahwa jalan di Eropa dapat lebih aman dalam 20 tahun ke depan. Tidak hanya untuk pengguna dan penumpang kendaraan tapi untuk semua yang ada di jalan. Kami sudah menguji lebih banyak aspek keselamatan mobil daripada saat crash test pertama tahun 1997. Kami akan menguji sistem yang mengenali dan menghindari kecelakaan dengan pengendara sepeda dan sebagainya. Ini adalah rencana besar kami pada tahun 2020 hingga 2025,” tambahnya.
Kembali pada tahun 1997, kala itu Ford Fiesta dan VW Polo berhasil meraih tiga bintang dari empat bintang. Sementara model terlaris ketika itu Rover 100 justru hanya meraih satu bintang. Dan model sejenis seperti Fiat Punto, Nissan Micra, Opel Corsa dan Renault Clio meraih dua bintang.
Dari hasil buruk tersebut, para produsen mobil menyatakan bahwa mustahil sebuah mobil berhasil meraih empat bintang. Namun, lima bulan kemudian Volvo S40 berhasil menjadi mobil pertama dengan empat bintang keselamatan dari Euro NCAP.
Kini jaman telah berganti. Produsen berusaha untuk meraih lima bintang. Tidak hanya untuk pengguna mobil dan pejalan kaki tapi juga kemampuan kendaraan untuk menghindari kecelakaan. [Adi/Ari]
Sumber : Mobil123
Share on Google Plus

About Honda Nasional

0 komentar:

Post a Comment