Honda: Mobil Low MPV Diesel Belum Tentu Irit Juga



Badung - Mesin diesel akan menjamah mobil-mobil di kelas Low MPV. Meski kompetitornya sudah mulai masuk, Honda masih belum berminat. Menurut Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy bahan bakar diesel tak lantas begitu saja mobil menjadi lebih hemat.

Mesin diesel memang terkenal dengan konsumsi BBM yang lebih irit dibanding mesin bensin, tapi harga jualnya lebih mahal. Jadi menurut Jonfis, pada akhirnya konsumen tetap akan membayar lebih mahal.

"Sekarang keunggulan diesel apa, diesel lebih mahal, berapa juta, bagi aja sama bensin berapa liter, berapa tahun dia bisa pakai otomatis perpanjang STNK lebih mahal, harga jual lebih mahal," kata Jonfis di Badung, Bali di sela-sela test drive Honda Mobilio.

"Secara angka kalau dia pakai subsidi BBM bisa, tapi kan yang dianjurkan pemerintah Dex dan yang mesin Turbo Dex, kalau harga jual lebih murah iya. Sekarang bensin dan turbo beda 30 juta yang SUV, coba bagi 4.500 bisa berapa ratus seliter itu, hemat dimananya. Kalau harga perliternya sama mungkin diesel lebih hemat sedikit," sambung Jonfis.

Chevrolet Indonesia adalah yang pertama merilis mobil Low MPV Spin diesel, sebelum akhirnya produksinya dihentikan. Suzuki kemudian akan membuat mesin diesel Ertiga Hybrid. Namun Ertiga lebih unik karena menggunakan sistem mild hybrid Suzuki.

Penguasa mobil Low MPV Indonesia, Toyota sampai sejauh ini belum berniat merilis Avanza bermesin diesel.

(ddn/ddn)

Sumber : Detik Otomotif
Share on Google Plus

About Honda Nasional

0 komentar:

Post a Comment