Tips : Memilih Ban Yang Awet


Ketika membeli, Banyak orang memilih ban mobil berdasarkan banderol harganya yang mahal. Beberapa faktor justru kerap luput dipertimbangkan di benak para konsumen, khususnya tentang daya tahan atau keawetan ban.
Padahal Memilih ban yang awet bukan diukur dari tingkat harganya yang lebih mahal. Namun pemilihan yang paling tepat adalah dari desain ban. Lantas bagaimana cara mengetahui ban yang awet berdasarkan dari desainnya ?
Bambang Hermanuhadi selaku Training Manager PT Sumi Rubber Indonesia menuturkan, salah satu faktor yang mempengaruhi umur ban adalah dari desain tapaknya.
“Gesekan ban ke permukaan jalan yang tidak merata atau stressing lebih banyak di bahu (pinggir ban), akan menimbulkan keausan tidak rata. Keausan itu yang menyebabkan umur ban lebih pendek,” ungkapnya.
Ban yang awet bisa dilihat dari desain alur tengah ban. Bila alur tengah tidak begitu banyak jumlahnya, maka dapat membuat ban awet jika digunakan dalam pemakaian normal.
“Beban kendaraan dan penumpang ditopang oleh luas permukaan area tengah ban yang lebih besar. Otomatis membuat keausan lebih kecil,” tuturnya.
Namun dengan demikian yang patut dipertimbangkan adalah bahan dasar dari pembuatan ban itu sendiri. Artinya bahan ban yang bagus juga akan mempengaruhi keawetan ban.
Pertimbangan diatas hanya berlaku untuk ban dengan bahan baku yang sama, tidak berlaku untuk perbandingan yang berbeda merek terlebih pada bahan baku yang berbeda.
Share on Google Plus

About Honda Nasional

0 komentar:

Post a Comment