Waspada !!! Kawat Ban Keluar


Hondanarional.org - Ban merupakan salah satu komponen utama paling penting dari sebuah kendaraan,karna ban merupakan penggerak yang mengatur keseimbangan sebuah kendaraan,oleh karna itu kita harus selalu memantau keadaan ban kendaraan kita.

Beberapa kerusakan kadang terjadi pada ban kendaraan,seperti bocor,pecah ban dan lainnya. Kondisi ban yang sudah melampaui masa kadalwarsa pemakaian.Bukan hanya makanan,ban juga memiliki masa kadalwarsa.

Ciri-ciri ban yang telah kadalwarsa  :
  1. Kawat  Ban Keluar
  2. Ban Mulai Terlihat Retak
  3. Warna Ban Mulai Memudar (Tidak Hitam seperti biasa)
  4. Usia Ban telah Lebih dari 2 Tahun
Dari ciri-ciri ban yang telah kadalwarsa diatas,Kawat Ban Keluar merupakan suatu tanda ban yang telah kadalwarsa dan tidak bisa kita sepelekan karna bisa berakibat fatal,seperti kecelakaan.

Kawat ban yang keluar,bisa saja anda potong namun tidak akan menyelesaikan masalah,karna kawat ban akan tetap keluar hingga habis,ini dikarnakan kendaraan yang kita gunakan bannya selalu berputar,sehingga kawat secara perlahan terus keluar.


Gambar diatas merupakan gambar lapisan-lapisan ban.Ban Biasa hanya dilapisi dengan Nylon saja,sedangkan Ban Radial dilapisi dengan Steel/Besi.

Secara kwalitas,ban radial lebih unggul dari pada ban biasa,karna ban radial dilapisi oleh beberapa lapis steel,sehingga ketahanan dari segi pemakaian lebih awet.

Jika anda merasa kendaraan anda telah memiliki ciri-ciri seperti diatas,saya sarankan untuk segera melakukan penggantian ban.Usahakan menggunakan ban radial baru dan jangan menggunakan ban seken karna ban seken tidak terjamin kwalitasnya akibat usia yang sudah tua dan sudah di vulkanisir.

Ingat,Jangan biarkan kondisi ban kendaraan anda seperti ini,hanya karna ingin berhemat menunggu ban hingga botak,tapi keselamatan anda berkendara menjadi taruhannya.

Salam
Organisasi Honda Nasional

Share on Google Plus

About Honda Nasional

0 komentar:

Post a Comment