Euro4, Pilihan Mobil Diesel Bakal Makin Banyak


Yogyakarta - Selama ini banyak produsen mobil yang enggan memboyong mesin diesel ke Indonesia. Namun jika standar emisi sudah menganut Euro4, pilihan mobil diesel akan semakin beragam.




Contohnya produsen mobil Jepang, Honda. Honda yang saat ini tidak memiliki mobil bermesin diesel dengan mantap akan merilis mobil diesel jika standar emisi sudah Euro4.


"Ya mestinya lebih baik, kalau kualitas bahan bakar sudah bagus ya oke," ujar Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy di sela-sela jelajah pesisir selatan Yogyakarta di Pantai Parangtritis.


Selama ini masalah BBM diesel menjadi isu buat pengguna mobil diesel. BBM diesel berkualitas bagus tidak banyak tersedia karena standarnya masih Euro2.


"Justru dia kalau Euro4 menguntungkan kita, kalau suruh pakai Dex ketinggian, sudah lebih mahal dari bensin, makanya orang masih beli diesel biasa, tapi kalau pakai itu perawatannya jadi double, segala macam perawatannya jadi dua kali, harus rajin bersihkan saringan bahan bakar," ujarnya.


Hanya saja untuk mesin diesel, pemerintah baru menyediakan standarnya pada 4 tahun lagi. Jadi masyarakat harus bersabar dulu untuk mendapatkan BBM yang lebih bagus. Namun Jonfis memakluminya.


"Kan diesel utamanya bukan mobil, utamanya buat nelayan, itu pemerintah enggak bisa cepat-cepat," ujarnya. (ddn/rgr)

Sumber : Detik Otomotif
Share on Google Plus

About Honda Nasional

0 komentar:

Post a Comment