Ban Radial Jadi Canggih Gara-gara Teknologi Ini


Jakarta - Struktur ban terbagi menjadi dua yaitu ban bias dan ban radial. Di pasaran mungkin ban struktur bias yang lebih terkenal dibading ban radial. Memang ban radial diklaim memiliki beberapa keuntungan. Berikut adalah keuntungan ban radial dibandingkan ban bias. 



Ban radial diproduksi menggunakan teknologi baru. Proses produksi dan peralatan produksi sudah mengusung teknologi tercanggih. Ruangan produks ber-AC. Proses terbaru memiliki akurasi dan produktivitas tinggi. 

Bahan yang digunakan untuk memproduksi ban radial adalah karet sintesis dan kawat. itu membuat performa yang lebih baik serta biaya lebih efisien. 

"Konstruksi radial, teknologi terbaru, pabriknya berbeda cara prosesnya berbeda, materialnya berbeda, investasi dan mesin-mesin berbeda. Dan juga orangnya berbeda dibikin harus diruang ber-AC kalau tanpa AC nggak bisa, kalau nylon (ban bias) Non-AC nggak masalah," kata Bendahara Gabungan Importir dan Pedagang Ban Indonesia (Gimpabi) Rudy Josano di Jakarta. 

Segala proses dan teknologi baru yang digunakan itu berbeda dengan teknologi ban bias diproduksi seadanya ruangan tak ber-AC pun bisa. Proses yang dibutuhkan lebih lama dan kurang akurasi karena teknologi yang digunakan sudah lama 100 tahun lalu. 

Bahan yang digunakan pun berbahan dasar dari karet alam dan benang nylon. Karena masih menggunakan teknologi lama sehingga ban tersebut tak bisa lebih baik lagi dari sisi performanya. 

Menurut Rudy, sebagian besar ban impor merupakan ban jenis radial, ban pelabuhan, ban pertambangan dan ban perkebunan yang diameternya bisa mencapai 2-3 meter (Giant Tire) yang tidak dapat diproduksi didalam negeri. 

Ban tipe Radial Truck dan Radial Light Truck memiliki keunggulan dibandingkan ban bias yang diproduksi oleh produsen ban di Indonesia. Diantara keunggulan ban radial itu adalah secara produk memiliki tingkat keselamatan tertinggi (safety), usia pakai yang lebih lama atau tahan lama, mampu menghemat bahan bakar serta menghemat biaya perawatan. Bagi para pengguna, keunggulan ban radial tersebut akan sangat menguntungkan untuk menekan biaya operasional dalam kegiatan bisnisnya. (dry/ddn)

Sumber : Detik Otomotif
Share on Google Plus

About Honda Nasional

0 komentar:

Post a Comment