Tips : Perlukah Membawa 2 Ban Serep Saat Mudik?

Jakarta - Menjelang mudik, beberapa persiapan harus dilakukan. Terlebih bagi mereka yang mudik dengan mengendarai mobil. Ban menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Untuk mencegah terjadi sesuatu pada ban seperti bocor atau kempes misalnya, kita pastinya sudah menyiapkan cadangan ban. Namun perlukan membawa 2 cadangan ban serep saat mudik?




"Kita lihat kondisi lalu lintasnya kayak apa yang kita lalui, kalau banyak jalanan rusaknya ya kemungkinan kita perlu bawa dua, kalau nggak ya buat apa menuh-menuhin bagasi," tutur Senior Instruktur Indonesian Road Safety, Poedyo Santosa di Jakarta.



Poedyo juga mengatakan sebaiknya pengendara juga memperhatikan ukuran ban serep. Biasanya ban serep memiliki ukuran yang lebih kecil dari ban yang sudah terpasang di mobil.

"Hati-hati ban serep pada kendaraan dia lebih kecil dibikinnya daripada ban yang dipakai, space saver dan lain sebagainya disitu ada aturan mainnnya dipakai maksimum sekian km tidak bisa disamakan dengan ban yang lainnya," kata dia. 



Ia menyarankan sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya memang kita terlebih dahulu mengecek kondisi ban keseluruhan.

"Inilah safety, safety itu mahal kalau kita bisa beli jangan dipakai ban serep perlu tapi kalau bisa jangan dipakai. Jangan kempes di jalan gimana caranya tadi kita lakukan pemeriksaan ban sebelumnya," sarannya. (dry/ddn)


Sumber : Detik Otomotif
Share on Google Plus

About Honda Nasional

0 komentar:

Post a Comment