Honda Ingin Ulangi Kejayaan Estilo dengan Civic Hatchback


Jakarta - Honda Civic Hatchback terakhir kali diperkenalkan pada tahun 1992 lewat model Estilo. Setelah itu PT Honda Prospect Motor sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Honda di Indonesia belum mengenalkan lagi model hatchback untuk Civic.



Memasuki pertengahan 2017 ini, PT HPM akhirnya memboyong lagi Civic Hatchback untuk mengembalikan kembali kejayaannya.

"Melalui peluncuran Honda Civic Hathback, kami ingin membawa kembali kejayaan model hatchback Honda yang sudah memiliki reputasi di seluruh dunia sebagai mobil yang sporty dengan mesin yang bertenaga," tutur Presiden Direktur PT HPM, Takehiro Watanabe di Mall Taman Anggrek, Jakarta, Jumat (9/6/2017).

"Di Indonesia sendiri, Honda Civic Hatchback merupakan pelopor penjualan Honda sejak tahun 1973 kini hadir dengan tampilan baru dan teknologi canggih," lanjut Watanabe.


Honda Civic Hatchback dikembangkan dengan tiga pilar utama yaitu Charismatic, Soulful, dan Comfortable. Ketiganya mengacu pada desain eksterior dan interior yang premium untuk menambahkan kenyamanan berkendara.

Sementara mesin dan platform Civic Hatchback masih sama dengan yang digunakan pada mesin tipe sedan yakni 1.5 L VTEC Turbo. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga maksimal 173 PS pada rpm 5.500 dan torsi 220 Nm pada rpm 5.500. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi 7 percepatan yang bisa diatur dengan sentuhan jari saja.



Honda Civic Hatchback tersedia dalam 6 pilihan warna yakni Rallye Red, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, White Orchid Pearl, Sonic Gray Pearl dan Modern Steel Metallic. Honda Civic Hatchback dijual seharga Rp 438.000.000 untuk tipe E dan Rp 399.000.000 untuk tipe S.

Honda Civic Hatchback didukung oleh fitur ECON yang secara otomatis mengatur kerja mesin dan fungsi lainnya untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. ECO Assist akan membantu pengendara mengirit BBM saat berkendara. Cara berkendara akan dihitung dan hasilnya ditampilkan dalam layar yang berubah menjadi hijau saat mobil mengalami efisiensi yang bagus.

Mesin yang lebih ringan plus efisiensi menghasilkan performa tinggi dan juga emisi gas buang yang memenuhi standar Euro2, bahkan sampai standar Euro4. Semua varian Honda Civic Hatchback dilengkapi fitur keamanan aktif dan pasif.

Honda Civic Hatchback menggunakan teknologi frame G-Force Control (G-CON), yang memperkuat rigiditas dari struktur mobil dengan menyerap energi tabrakan. Sementara ACE memberikan perlindungan di kabin penumpang saat mobil mengalami tabrakan dengan kendaraan yang berbeda ukuran. Bodi mobil Honda Civic Hatchback juga didesain untuk mengurangi energi tumbukan dan meminimalisir cedera pada pejalan kaki yang tertabrak.

Saat kecelakaan keras terjadi, sabuk pengaman yang dilengkapi pretensioner akan memeluk pengendara lebih erat sehingga badan tetap berada di kursi, tidak goyang untuk mencegah pergerakan dada pengendara maju ke depan. Sedangkan Load Limiter berfungsi mengurangi tekanan yang berlebih dan mencegah cedera pada bagian dada sekaligus memastikan posisi tubuh jatuh pada airbag yang mengembang. Airbag yang ada di Honda Civic mencapai 6 buah.


Fitur keamanan Honda Civic Hatchback juga termasuk Electric Parking Brake yang memudahkan menarik rem dengan hanya satu sentuhan. Ada juga fitur Auto Brake Hold yang secara otomatis menahan mobil saat berada di tanjakan atau mencegah mobil melaju saat di turunan tanpa harus mengerem.

Sebagai tambahan, Honda Civic Hatchback dilengkapi dengan fitur keamanan lain seperti Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD) + Brake Assist (BA), Brake Override System, To Emergency Stop Signal. 

Kabin

Honda Civic Hatchback mengusung konsep interior "Daring ACE Design" yang memadukan kualitas material kelas atas, konsol tengah yang 'fun-to-use', serta posisi berkendara nyaman sekaligus sporty. Di balik roda kemudinya, Meter Cluster dengan Multi Information LCD Display memberikan berbagai informasi yang penting saat berkendara melalui layar yang informatif. 



Pengaturan posisi mengemudi dalam Honda Civic Hatchback semakin mudah dengan sistem Tilt & Telescopic pada roda kemudi, serta sistem 8-way Driver Power Seat Adjuster untuk varian E dan 6-way Driver Manual Seat Adjuster untuk varian S. Auto A/C dengan panel berdesain modern secara otomatis mengatur besarnya hembusan udara dan tingkat suhu ideal dengan waktu pendinginan yang cepat. Pendinginan di dalam kabin semakin cepat dan merata dengan penambahan rear A/C ventilation. 

Honda Civic Hatchback mengusung berbagai teknologi canggih yang diterapkan untuk memudahkan pengemudi dan menambah kenyamanan di dalam kabin. Di konsol tengah, terdapat sistem audio video canggih dengan layar sentuh 7 inchi yang telah dibekali teknologi Wireless Mirroring untuk Smartphone Android dan iOS di tipe E dan HDMI Support di tipe S. Sistem Audio Video ini kompatibel dengan berbagai format media audio maupun video, dan dilengkapi dengan port USB dan Aux. Penambahan tweeter speaker menghasilkan kualitas audio yang lebih jernih. Pengaturan audio juga dapat dilakukan melalui Steering Switch Control yang terdapat di roda kemudi. Sementara fitur Hands-Free Telephone Switch yang memungkinkan pengemudi untuk menerima panggilan telepon tanpa harus melepaskan tangan dari kemudi. 



Fitur canggih lain yang disematkan pada Civic Hatchback meliputi Smart Key, yang berfungsi mengunci, membuka, hingga menyalakan mesin dan mengaktifkan AC secara otomatis sehingga kabin telah sejuk saat pengemudi memasuki kendaraan. Teknologi Smart Entry memberikan kemudahan untuk membuka kunci cukup dengan menyentuh handle pintu. One Push Ignition System berfungsi untuk menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan tombol. Sementara, fitur Cruise Control untuk melajukan kendaraan tanpa perlu menginjak pedal akselerasi juga dapat mengendalikan kecepatan dengan tombol pengatur di roda kemudi.

Untuk menambah kenyamanan dan keamanan, Honda Civic Hatchback juga dilengkapi fitur Rain Sensing Windshield Wiper untuk tipe E, serta Rear Parking Camera. (dry/ddn)

Sumber : Detik Otomotif


Share on Google Plus

About Honda Nasional

0 komentar:

Post a Comment