Honda Tak Berniat Terapkan Turbo Pada Mesin Kecil


Jakarta - Honda telah memiliki berbagai produk yang dibekali mesin turbo. Sebut saja CR-V, Civic Sedan, dan yang baru diluncurkan Civic Hatchback Turbo. Ketiganya mengusung mesin berkapasitas 1.500cc. 



PT Honda Prospect Motor (HPM) beralasan mendatangkan mesin tersebut bisa menjadikan harga mobil lebih murah, namun performanya masih sama dengan mesin berkapasitas 2.000cc. 

"Mesin turbo akan menambah kesenangan mengemudi, anda bawa sedan atau mobil apapun, akan berbeda, itu satu. Kedua, dari segi posisi perawatan berkala, dibandingkan dengan mesin 2.0 Liter, itu lebih murah. Ketiga karena kontribusi pajak, konsumen bisa menikmati mesin turbo dengan harga yang sama (dengan mesin 2.0 L)," tutur Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT HPM, Jonfis Fandy di Jakarta. 

"Kalau kami bawa mesin 2.0 liter itu kan pajaknya sekitar 20 persen. Yang mesin 1.500 turbo turun jadi 10 persen. Kompensasi harga mesin turbo yang mahal dengan pajak yang turun bisa mendapatkan harga jual yang cukup baik," lanjut Jonfis. 

Meski begitu kata Jonfis, pihaknya tidak berniat untuk menerapkan turbo pada mesin berkapasitas di bawah 1.500cc. Itu karena harganya justru malah akan melambung. 

"Dengan turbo jadi lebih mahal (mesin kecil) sebenernya nggak ada benefitnya untuk konsumen," tambah Jonfis. (dry/ddn)

Sumber : Detik Otomotif
Share on Google Plus

About Honda Nasional

0 komentar:

Post a Comment