Penjualan Mobil di Bandung Menunggu THR Cair


Jakarta - Penjualan mobil di Bandung menjelang Lebaran ini belum menunjukkan peningkatan yang signifikan. Salah satu faktor utamanya, masyarakat masih banyak yang menunggu THR (Tunjangan Hari Raya) cair.

Hal ini dialami oleh Honda di Jabar dan Banten. Selama Ramadan ini, peningkatannya baru di angka 5 persen dari total penjualan pada periode Januari-Mei 2017 sebanyak 9.459. 

"Jelang lebaran tahun ini belum melihat peningkatan signifikan. Peningkatannya baru 5 sampai 6 persen saja," ujar Manager Oprasional Honda Bandung Center Junianto Naibaho dalam acara peluncuran Honda Civic Hatchback Turbo, di Trans Studio Mall, Kota Bandung.

Padahal, biasanya kata dia, di tahun-tahun sebelumnya angka penjualan produk mobil Honda khususnya jelang Lebaran selalu mengalami peningkatan cukup signifikan Namun sejak 2016 lalu terjadi sedikit perubahan dari sisi penjualan. Masyarakat cenderung menahan diri untuk membeli mobil.

Di tahun ini, dia memprediksi hal tersebut akan kembali terulang. Salah satu penyebab lesunya penjualan disebabkan masyarakat masih menunggu cairnya pembayaran THR. Sementara untuk pelaku usaha menunggu selesainya pembayaran THR. Sehingga penjualan belum mengalami peningkatan mencolok.

"Dari SPK (Surat Pesanan Kendaraan) meningkat 30 persen. Tapi dari yang sudah terdaftar STNK baru 5 persen. Alasannya masih menunggu THR. Tapi kita lihat kedepan," katanya. 

Peningkatan penjualan menurutnya, justru terjadi di akhir tahun. Seperti pada 2016 angka penjualan semua produk mobil Honda pada periode November - Desember meningkat 40 persen dari total penjualan. Hal ini disebabkan adanya diskon akhir tahun yang cukup menarik perhatian masyarakat. 

"Mereka geser di Desember. Fenomena baru tapi belum menjadi tren. Kalau mirip (seperti 2016) kita punya asumsi (peningkatan penjualan) gesernya ke Desember," ucapnya. 

Untuk produk sendiri, jelang Lebaran seperti sekarang ini masyarakat memilih mobil dengan kapasitas yang cukup besar. Salah satu produk yang cukup laku keras adalah Honda Mobilio, Honda B-RV dan jenis mobil keluarga lainnya. 

"Tapi Brio Satya juga mengalami peningkatan," ujarnya. 



Honda Civic Hatchback Turbo

Honda Bandung Center memperkenalkan Honda Civic Hatchback Turbo sebagai varian baru dari produk Honda. Hatchback revolusioner ini merupakan varian dari generasi ke-10 Honda Civic yang telah diperkenalkan di Indonesia pada 2016 melalui versi sedanya. 

Mengusung tema 'Drive Sexiness' Honda Civic Hatchbak hadir dengan desain eksterio baru yang agresif serta didukung performa berkendara yang sproty. Mobil ini diharapkan mampu mendongkrak penjualan unit Honda di Jabar dan Banten tahun ini. 

"Civic saat ini generasi ke-10. Sekarang Civic berkembang varinnya. Mobil ini di desain khusus layaknya mobil eropa yang sporty," kata Direktur Honda Bandung Center Iwan Tjandradinata, dalam acara peluncuran Honda Civic Hatchback Turbo. 

Mobil ini menggunakan mesin 1.5L VTEC Turbo dengan Earth Dreams Technology. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga dan torsi maksimal 173 Ps pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 22,4 kg.m pada 5.55 rpm, yang terbesar di kelasnya. (ddn/ddn)

Sumber : Detik Otomotif
Share on Google Plus

About Honda Nasional

0 komentar:

Post a Comment