Tips Pergi Mudik dengan Kendaraan Pribadi


Jakarta - Tradisi mudik ke kampung halaman dengan kendaraan pribadi, saat menyambut Idul Fitri bukan hal janggal bagi sebagian pengendara. Dan untuk kesekian kalinya detikOto mengingatkan kepada Otolovers untuk lebih hati-hati dalam berkendara.
Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, tidak boleh asal jalan saja ya tanpa mempersiapkan segalanya dengan matang. Lantas apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mudik?
"Yang pertama tentu pengendara, dan kendaraannya harus dalam kondisi sehat. Untuk si pengendara harus siap fisik dan mental," ujar Instruktur & Marketing Rifat Drive Labs (RDL), Andry Berlianto, di Jakarta.
Lalu perencanaan perjalanan yang baik, juga dikatakan Andry harus dilakukan, sebelum melakukan mudik dengan kendaraan pribadi.
"Mulai dari pemilihan jenis kendaraan, lama perjalanan, hingga spot-spot istirahat. Menepilah untuk beristirahat saat sudah merasa mengantuk, atau kelelahan," tuturnya.
Menggunakan safety gear, atau perlengkapan aman berkendara juga disarankan oleh Andry digunakan dengan maksimal.
"Kenakan safety gear dengan baik dan maksimal seperti, jaket, celana panjang, sarung tangan, dan sepatu," katanya.
Selanjutnya kata Andry, si pengendara harus paham akan resiko dan bahaya yang dapat terjadi saat mudik dengan kendaraan pribadi.
"Lakukan banyak tindakan preventif saat berkendaraan, seperti tidak terburu-buru, melanggar rambu-rambu lalu lintas, hingga mengedepankan etika yang baik serta tidak main ponsel saat berkendara. Dan Last but not least, berdoa," pungkasnya.
(khi/lth)

Sumber : Detik Otomotif
Share on Google Plus

About Honda Nasional

0 komentar:

Post a Comment