Demi Jaga Bobot, Honda Civic Type R Hanya Ada Transmisi Manual


Tokyo - Honda Civic Type R ditawarkan hanya dengan transmisi manual enam percepatan. Itu diwujudkan insinyur Honda demi mendapatkan bobot yang ringan pada hot hatch ini.



Diberitakan Car Advice, (7/7/2017), Asisten Pemimpin Proyek Civic generasi ke-10 di Honda Jepang, Yuji Matsumochi menuturkan, Honda mencari solusi untuk menarik lebih banyak pembeli dengan menggunakan transmisi otomatis konvensional maupun kopling ganda. Namun, pemilihan transmisi otomatis itu bakal berdampak pada dinamika mobil.

"Kami hanya memproduksi transmisi manual enam percepatan untuk Type R, karena mesin kami telah mencapai 400 Nm dan 320 atau 310 PS. Jadi, performanya sudah besar," katanya.

Honda Civic Type R, kata Matsumochi, membutuhkan powertrain ringan karena merupakan penggerak roda depan. Dengan mesinnya yang sedikit lebih berat, maka transmisi harus lebih ringan.

"Jika kita menggunakan transmisi otomatis atau transmisi kopling ganda untuk mesin 400 Nm, bobotnya akan sangat berat," katanya.

Menurutnya, dengan hanya pakai transmisi manual, maka Honda Civic Type R akan menyenangkan untuk dikendarai. Makanya, Honda menerapkan sistem yang menyesuaikan putaran mesin untuk perpindahan gigi agar mengendarai mobil ini lebih asyik.

"Ini Mudah dikendarai, namun terkadang sulit mengendalikan timing pergantian gigi untuk performa sporty. Jadi kami menerapkan sistem rev-match. (rgr/dry)

Sumber : Detik Otomotif
Share on Google Plus

About Honda Nasional

0 komentar:

Post a Comment