Jenis Wiper Yang Terbaik Untuk Mobil Anda

Hondanational.org - Di pasar automotif terdapat tiga jenis wiper mobil yakni wiper full frame, frameless, dan refill. Macam-macam wiper tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

Andre, mekanik Mirza Autocare, mengatakan model wiper fullframe merupakan perangkat bawaan pabrikan. Seluruh bagiannya menggunakan bahan besi karena dianggap mampu menyapu air hujan secara maksimal. Kekurangan wiper jenis ini terlihat ketika karetnya mulai terkikis, bagian besinya bisa menggores kaca.
Sedangkan wiper jenis frameless dirancang menggunakan bahan plastik dan tidak memiliki rangka seperti model fullframe. Meski aman dan tidak merusak kaca, wiper jenis ini tidak bisa mengganti bagian karetnya saja. Harga yang dibanderol untuk wiper jenis frameless terbilang mahal.
Kemudian jenis wiper refill hanya berupa karetnya. Untuk melakukan penggantiannya, cukup repot, karena karet wiper harus disesuaikan ukuran rangka dan harus dimasukan ke rel wiper.
Baiknya gunakan wiper yang sesuai standar pabrikan, dengan cara melakukan perawatan dan penggantian berdasarkan usia pakai. Lakukan perawatan rutin agar wiper tetap terjaga kondisinya saat musim hujan tiba.
(ton)
Share on Google Plus

About Indo Media

0 komentar:

Post a Comment